oleh

7 Makanan Baik Bagi Kucing, Beragam Sayuran hingga Daging

SMJTimes.comKucing biasa mengikuti pemilik saat menyantap makanan. Tak jarang, pemilik pun tak segan-segan memberikan makanannya untuk kucing kesayangannya. Namun jenis makanan apa saja yang bisa diberikan ke kucing?

Kucing merupakan hewan karnivora. Tak heran jika daging menjadi makanan utama yang wajib disantap untuk memberikan energi dan protein bagi kucing.

Pada dasarnya, kucing tak membutuhkan banyak sumber karbohidrat, namun membutuhkan serat.

Biasanya kucing menangkap burung sebagai salah satu mangsanya. Kemudian, memakannya langsung bersama buku-buku burung hasil tangkapannya. Bulu burung itulah yang menjadi sumber serat kucing.

Tak hanya itu, sumber serat juga bisa diperoleh kucing dari sejumlah tumbuhan dan sayuran. Namun, tak semua jenis makanan manusia bisa dikonsumsi kucing.

Berikut ini sejumlah makanan yang bisa diberikan oleh kucing.

Baca Juga :   Warga Keluhkan Bau Menyengat, Diduga dari Pabrik Pengolah Ikan

Makanan Baik Bagi Kucing

  1. Brokoli

Sebagai sayuran yang dikenal makanan fungsional dan obat, sayuran satu ini kaya akan antioksidan serta vitamin C dan bioflavonoid, sehingga membantu kekebalan kucing.

Pemilik bisa menyajikan sayuran tersebut dengan merebusnya setengah macam. Diamkan sejenak hingga sayuran dingin sebelum memberikannya ke kucing.

  1. Wortel

Wortel mengandung likopen dan antioksidan yang tinggi. Makanan yang kaya likopen bisa menjadi perlindungan untuk kucing dan kanker tertentu.

Likopen dan antioksidan adalah pertahanan besar terhadap penyakit degenerative dan pertumbuhan sel kanker.

Likopen juga memperlambat perkembangan kehilangan penglihatan seiring bertambahnya usia kucing, karena semakin tua kucing, maka lensa pada matanya bisa menjadi keruh.

  1. Sawi

Sawi mengandung serat yang sehat untuk kucing. Tetapi, kita perlu memastikan daunnya segar dan hijau, untuk memastikan vitalitas sayuran dan manfaat maksimal bagi kucing.

Baca Juga :   Platipus Terancam Punah di Australia

Memasak sayuran merusak nutrisi, jadi jangan biarkan sawi dimasak dengan panas yang tinggi.

  1. Bok choy

Bok choy merupakan sayuran yang memiliki manfaat baik untuk kucing, meski rasanya sedikit pahit.

  1. Apel, pir, plum, persik

Apel, pir, plum, dan persik adalah makanan yang baik untuk kucing, namun dalam jumlah yang sedikit. Namun, konsumsi yang berlebihan dari buah-buahan ini dapat menyebabkan “skittles” atau kucing jadi aktif berlari-lari kesana kemari.

  1. Daging

ecara keseluruhan, sekitar 70 persen dari makanan kucing harus berupa daging berurat, dan sekitar 25 persen dari makanannya adalah daging organ, seperti ayam, sapi, kalkun, dan domba.

Kucing membutuhkan taurin, yang merupakan asam amino yang didapat kucing dari daging, hati, jaringan, dan dari otak. Sebelum memberikannya ke kucing, ada baiknya kita menggiling terlebih dahulu daging-daging tersebut.

  1. Ikan

Tidak lebih dari 15 persen makanan kucing harus terdiri dari ikan atau berikan sekitar sekali seminggu. Asam lemak omega 3 dalam ikan sangat sehat untuk kucing. Memberikan ikan pada kucing, tidak harus dimasak, boleh saja berikan ikan yang mentah.

Baca Juga :   Efek Terlalu Banyak Makan Daging, Ini yang Terjadi pada Tubuh

Komentar

News Feed