oleh

Jangan Konsumsi Berlebihan, Ini Buah-Buahan Mengandung Tinggi Gula dan Kalori

SMJTimes.com – Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan mengandung beragam vitamin dan mineral yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Meski begitu, beberapa jenis buah tertentu perlu diwaspadai lantaran mengandung gula yang cukup tinggi.

Selain itu, beberapa buah dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan seperti diabetes dan gerd.

Beritkut ini beberapa jenis buah yang mengandung tinggi gula.

  1. Buah-buahan kering

Buah-buahan tak hanya bisa dikonsumsi dalam keadaan segar. Namun, beberapa jenis buah-buahan juga dapat dikonsumsi saat dikeringkan.

Beberapa varietas buah kering yang paling umum kita temukan adalah apel, kismis, aprikot, buah ara, mangga, nanas, dan cranberry. Dibandingkan dengan buah-buahan yang segar, buah kering biasanya mengandung lebih banyak kalori, karbohidrat, dan gula per porsi.

Baca Juga :   Jangan Bermalas-malasan, 5 Cara Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Meskipun, sebagian besar varietas juga kaya akan serat, potasium, dan vitamin C. Namun, karena kandungan gulanya yang tinggi, sebaiknya kita mengonsumsi buah-buahan kering dalam jumlah sedang, terutama jika kita ingin mengurangi asupan gula.

  1. Leci

Leci mengandung banyak mikronutrien utama, termasuk vitamin C, tembaga, dan kalium. Tetapi, buah leci juga relatif tinggi gula, yang mungkin menjadi masalah jika kita menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah gula.

  1. Mangga

Meskipun mangga sangat kaya dengan berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, folat, dan tembaga. Di sisi lain, buah ini juga mengandung gula dalam jumlah tinggi di setiap porsi.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber vitamin dan mineral penting seperti potasium, vitamin C, dan vitamin B. Buah ini juga kaya akan serat, nutrisi penting yang dapat mendukung keteraturan dan kesehatan pencernaan. Namun, alpukat mengandung kalori yang tinggi, sehingga bagi orang yang sedang mengurangi kalori sebaiknya mengonsumsi dalam jumlah yang lebih sedikit.

  1. Buah kalengan

Sementara buah kalengan bisa menjadi cara cepat dan nyaman untuk memasukkan beberapa porsi buah ke dalam makanan, namun mungkin bukan pilihan terbaik, khususnya bagi penderita diabetes.

Baca Juga :   Hindari Kebiasaan Berikut, 5 Penyebab Jerawat di Wajah

Buah kalengan umumnya lebih tinggi karbohidrat, gula, dan lebih rendah serat dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Secara khusus, buah kalengan dalam sirup yang kental biasanya jauh lebih tinggi gula daripada buah kalengan dalam air.

Komentar

News Feed