oleh

Efek Terlalu Banyak Makan Daging, Ini yang Terjadi pada Tubuh

SMJTimes.com – Momen Iduladha identik dengan hidangan serba daging. Tak ayal jika banyak orang seringkali kalap mengonsumsi olahan daging.

Meski daging memiliki kandungan yang bernutrisi bagi tubuh, mengonsumsi daging berlebihan justu bisa menjadi bumerang.

Pasalnya, mengonsumsi daging berlebihan dapat memicu potensi penyakit kronis, seperti hipertensi, kolesterol, dan lainnya.

Berikut ini yang terjadi bagi tubuh saat mengonsumsi terlalu banyak daging.

  1. Berkeringat terlalu banyak

Ada fenomena yang disebut meat sweat yakni ketika orang banjir keringat ketika sedang, atau sesudahnya, menyantap makanan berbahan daging.

Kondisi ini disebabkan tubuh yang harus mengeluarkan energi ekstra untuk mencerna dan mengolah asupan daging dalam jumlah baru.

Hal ini disebut termogenesis yang dapat menaikkan suhu tubuh seseorang. Protein adalah sumber pengan yang paling sulit untuk dicerna, dibandingkan karbohidrat. Jadi tak heran jika tubuh perlu tenaga lebih untuk memastikannya dicerna sempurna.

  1. Cenderung merasa kelelahan

Semua energi yang dibutuhkan ketika mencerna daging membuat tubuh kita kelelahan. Tak heran jika kita akan merasa lesu, kurang konsentrasi dan ngantuk berat setelah makan.

Baca Juga :   7 Makanan Baik Bagi Kucing, Beragam Sayuran hingga Daging

Ketika mencerna makanan, tubuh memprioritaskan aliran darah ke usus dibandingkan organ lainnya seperti otak. Hal ini memunculkan kelelahan yang biasanya dirasakan setelah makan dalam jumlah besar.

Daging yang sarat lemak juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah. Selain itu, daging sapi mengandung triptofan yang tinggi, asam amino yang terkait dengan produksi melatonin, hormon manusia yang mengatur tidur.

  1. Pencernaan bermasalah karena kurang serat

Terlalu banyak makan daging membuat kita merasa kembung, sembelit atau diare, karena pencernaan yang buruk. Daging mengandung banyak nutrisi namun minim serat yang merupakan senyawa penting untuk pencernaan dan pengaturan gula darah. Serat baik untuk pencernaan karena menyediakan sumber makanan yang baik untuk bakteri menguntungkan di usus, menghasilkan manfaat metabolisme.

  1. Dehidrasi

Tubuh menyerap banyak air karena bekerja keras mencerna daging dalam jumlah banyak yang kita konsumsi. Efek sampingnya, tubuh lalu mengalami dehidrasi yang kerapkali tidak kita sadari.

Baca Juga :   Tetap Awet dan Segar, Ini 4 Cara Menyimpan Daging

Jika tidak segera minum cukup air untuk mengimbanginya, kita mungkin akan merasa pingsan, pusing, atau tidak enak badan. Daging yang kaya protein sebenarnya baik untuk pembentukan dan perbaikan otot.

Namun asupan berlebihan dalam satu waktu tidak baik untuk tubuh. Untuk orang umum yang tidak memiliki banyakaktivitas fisik, para ahli merekomendasikan 0.36 gram protein harian untuk setiap pon berat badannya. Lebih dari itu dianggap berlebihan dan tidak baik untuk tubuh. (*)

Komentar

News Feed