oleh

Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini Agar Awet Muda

SMJTimes.com – Kulit tampak mudah dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Tak heran jika sejumlah orang melakukan berbagai cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan tampak lebih muda.

Beberapa faktor yang bisa memengaruhi kesehatan kulit tampak lebih muda, salah satunya makanan. Nutrisi makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Berikut ini jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan bisa cegah penuaan dini.

  1. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang merupakan nutrisi penting bagi kulit untuk memperlambat penuaan.

Sebagai antioksidan, nutrisi ini membantu menangkis penuaan untuk seluruh tubuh. Beta karoten juga dapat menghangatkan kulit.

Karotenoid seperti beta karoten juga paling baik diserap ketika dipasangkan dengan makanan berlemak yang sehat.

  1. Anggur

Buah anggur mengandung antioksidan dan polifenol yang menyehatkan jantung dan dapat berperan dalam menghambat penuaan.

Baca Juga :   Ini Beberapa Tanaman Hias Hidup di Air

Menurut studi, polifenol dari anggur dapat menjaga kesehatan otak, kesehatan usus besar, kesehatan mata, dan masih banyak lagi.

Polifenol ditemukan di setiap bagian anggur —kulit, daging, serta bijinya — dan dalam semua jenis anggur, termasuk merah, hijau, dan hitam.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan akan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan kulit.

Alpukat mengandung lemak anti-inflamasi yang membantu melembapkan kulit kita, menunda keriput, dan melindungi kita dari racun berbahaya dari matahari.

Alpukat lebih lezat jika disajikan sebagai jus atau campuran dalam salad. Di samping itu, menikmati seperempat alpukat yang polos juga dapat menuai manfaat lebih bagi kulit.

  1. Telur

Menurut salah satu ahli diet mengungkap, makanna yang menyajikan protein seperti telur mampu membantu mendukung otot dan metabolisme.

Baca Juga :   Wajan Anti Lengket Tetap Awet, Perhatikan Tips Berikut

Hla ini sangat penting seiring dengan bertambahnya usia, terlebih usia 40 tahun yang kebanyakan orang kehilangan 0,8 persen massa otot tubuh.

  1. Ikan dengan omega-3

Beberapa ikan mengandung omega-3 diantaranya, salmon, mackerel, tuna, bandeng, dan sarden. Jenis ikan tersebut memiliki lemak yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi untuk mengurangi peradangan di tubuh maupun di kulit.

Dua hingga tiga porsi ikan seminggu juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida

Menambahkan ikan ini ke dalam makanan membantu menyeimbangkan rasio omega-3 hingga omega-6.

Suplemen minyak ikan dapat menggantikan makan ikan yang sehat dan berlemak ini, tetapi suplemen tidak memberikan manfaat protein rendah kalori dari memakan ikan itu sendiri.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan rendah gula, kaya akan serat, mengandung antioksidan, dan dapat mencegah penyakit jantung.

Baca Juga :   Tak Banyak yang Tahu, Kale Mujarab Menjaga Kesehatan Mulut

Kita dapat mengonsumsinya dalam bentuk coklat hitam batangan atau sebagai bahan tambahan yang dapat dicampur ke dalam oatmeal.

Komentar

News Feed