oleh

Kasus Covid-19 Melandai, Jateng Bebas Zona Merah

Semarang, SMJtimes.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan tidak ada lagi kabupaten/kota di wilayahnya yang masuk zona merah penyebaran Covid-19. Seluruhnya berstatus zona oranye.

“Jateng sampai hari ini yang kabupaten masih oranye, tapi semua (kasus Covid-19) turun terus kok,” ujar Ganjar di kantornya, Kamis (24/3/2021).

Ia menjelaskan, perbedaan data antara pihaknya dengan pemerintah pusat masih sering terjadi. Namun, sudah tidak separah dulu.

“Perbedaan dengan pusat memang ada tapi biarkan saja karena kadang-kadang ada (data) yang masuk lebih dulu. Perbedaannya sudah tidak jauh lagi,” jelasnya.

Ganjar menyebut, hingga tanggal 21 Maret 2021, di tingkat kecamatan ada 5 zona merah, 436 zona oranye, 92 zona hijau, dan 43 tidak ada kasus.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Meningkat di Pati, Bupati Minta Zona Merah Ditutup

Lalu, di tingkat kelurahan dan desa pada periode yang sama, zona merah masih ada di 49 titik, zona oranye ada 1.306, hijau ada 1.235, dan 5.972 titik tidak ada kasus Covid-19.

“Jadi ada tingkat kabupaten, kecamatan, desa, berdasarkan data yang masuk ke kami di dalam website kami, kami klaster dari itu,” katanya.

Dia juga mengatakan program vaksinasi di Jateng berjalan dengan baik. Bahkan antusiasme dari masyarakat terbilang cukup tinggi.

“Vaksinasi baik-baik saja dan lancar-lancar saja. Antusiasmenya bagus, sampai hari ini tidak ada penolakan, bahkan berebutan,” tuturnya.

Sebagai informasi, data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mencatat hingga 22 Maret sebanyak 878.105 orang sudah melakukan vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, sebanyak 390.118 orang. Jumlah tersebut, terdiri dari SDM Kesehatan, Petugas Publik hingga Lansia. Target vaksinasi di Jateng sendiri ada sebanyak 24.363.566 orang untuk menuju herd immunity.

Baca Juga :   Melindungi Hak Anak, Jo Kawin Bocah Digaungkan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Ganjar Pastikan Jateng Bebas Zona Merah Covid-19”

Komentar

News Feed