oleh

Mirip dengan Pasangan Berarti Jodoh?

SMJTimes.com – Apa kamu pernah disebut mirip dengan pasanganmu? Bahkan, orang menganggap kemiripan pasangan dinilai sebagai pertanda berjodoh.

Asumsi ini memang tak lagi asing di telinga kita. Beberapa orang ada yang meyakini ada pula yang menganggapnya sebatas celetukan biasa.

Baca juga: Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Dikonsumsi Lagi

Namun, ternyata anggapan tersebut tak sekadar asumsi yang beredar di masyarakat. Pasalnya, beberapa ilmuwan berusaha menjawab fenomena tersebut dengan melakukan penelitian untuk memecahkan misteri kemiripan wajah pada sepasang kekasih.

Salah satunya adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Robert Zajonc. Mengutip dari laman Kumparan, Sabtu (31/10/2020) psikolog asal Universitas Michigan itu mengungkapkan, semakin lama kamu menghabiskan waktu bersama, semakin sering pula kalian berbagi kisah dan pengalaman yang sama sehingga wajah akan cenderung mirip.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadikan alasan seseorang memiliki kemiripan wajah dengan pasangan. Berikut ini uraiannya.

Baca juga: Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

  1. Orang cenderung mencari pasangan yang punya kemiripan

Mengutip dari Bustle, orang biasanya berusaha mencari pasangan yang memiliki kecocokan entah dilihat dari sifat, hobi, usia, ataupun kesamaan lainnya. Misalnya, seorang pria atletis akan lebih merasa tertarik pada perempuan yang tahu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga.

Selain itu, Benjamin Domingue, penulis dan peneliti di Boulder’s Institute of Behavioral Science mengatakan kalau orang kerap kali memilih pasangan hidup yang punya kemiripan fisik, seperti tinggi badan dan warna kulit. Namun, hal tersebut nyatanya dilakukan secara tidak sadar oleh tiap-tiap individu dan justru lebih disadari oleh orang lain.

Baca juga: Kaya Antioksidan, Ketahui Fakta Nutrisi Buah Naga

  1. Terbiasa berbagi pengalaman yang sama

Studi kemiripan wajah yang dilakukan psikolog Robert Zajonc dari Universitas Michigan menemukan bahwa pasangan yang telah menikah selama 25 tahun cenderung mempunyai kemiripan. Penelitian ini dikerjakan dengan cara memanggil sukarelawan untuk mencocokkan wajah pria dan perempuan berdasarkan tingkat kemiripannya.

Menurut Zajonc, ada kemungkinan semakin lama pasangan menghabiskan waktu bersama semakin banyak pula pengalaman serupa yang dirasakan, entah sedih maupun bahagia. Ini dikarenakan pasangan terbiasa menempati lingkungan yang sama, serta terlibat dalam rangkaian aktivitas serupa.

Baca juga: Resep Pekan Ini: Tips Mengolah Ubi Selain Dikukus, Tetap Menyehatkan

  1. Pasangan menjalani hubungan yang bahagia

Melansir Independent UK, tingkat perubahan wajah seseorang berhubungan erat dengan kualitas hubungan yang sedang dijalani. Hal ini dikarenakan saat memiliki koneksi dengan pasangan, kamu akan lebih mudah menikmati aktivitas bersama, meniru pola hidupnya, hingga mengikuti ekspresi sang kekasih.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam buku yang berjudul ‘Invisible Influence: The Hidden Forces That Shape Behavior’ yang ditulis oleh Jonah Berger. Menurut profesor dari Wharton School at University of Pennsylvania ini, pasangan yang memiliki tingkat kepuasan tinggi dalam hubungan cenderung mempunyai kemiripan wajah satu sama lain.

Nah, bagaimana dengan kamu, apakah kamu juga memiliki kemiripan dengan pasanganmu?

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *