oleh

Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Dikonsumsi Lagi

SMJTimes.com – Memanaskan masakan menjadi salah satu cara untuk mencegah makanan agar tak cepat basi. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari makanan yang tersisa terbuang sia-sia.

Di samping itu, ada pendapat yang mengatakan bahwa beberapa makanan justru mengandung racun jika dipanaskan lagi. Nah berikut ini beberapa trik yang dapat Anda lakukan ketika memanaskan makanan agar aman dikonsumsi kembali.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Dilansir SMJTimes dari Tempo.co, Sabtu (31/10/2020) memanaskan makanan masih tergolong aman jika dilakukan sesekali saja. Jika dilakukan berulang kali bahkan setiap hari dapat menyebabkan keracunanan saat mengonsumsinya. Gejala keracunan yang muncul biasanya seperti, muntah, diare, dan kram perut.

Jangan terbiasa memanaskan makanan berulang kali, cukup sekali saja. Untuk meminimalisir memanaskan makanan, kamu bisa menyiasatinya dengan cara penyimpanan yang benar.

Pastikan makanan yang tersisa disimpan di tempat yang tertutup rapat. Agar tak ada udara yang masuk dan untuk menghindari proses oksidasi yang dapat mempercepat pembusukan.

Baca juga: Trik Mencuci Sepatu Putih Kembali Baru Lagi

Selain memanaskan, ada cara lain agar makanan tetap awet loh, yaitu dengan menyimpannya di lemari es. Suhu dingin mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan.

Sebelum menyimpan di lemari es, pastikan makanan dalam kondisi dingin. Sebab, jika makanan masih panas sudah kamu masukkan ke lemari es bisa meningkatkan produksi zat racun.

Pada umumnya, orang lebih memilih microwave untuk memanaskan hidangan. Namun, justru cara tersebut kurang tepat. Pasalnya, panas yang dihasilkan tidak merata, sehingga masih ada area dingin di makanan tempat bakteri dapat berkembang biak.

Baca juga: Jangan Sepelekan Kesemutan, Bisa Jadi Gejala Penyakit

Jika Anda ingin memanaskan kembali, pastikan semua terkena panas. Temperatur tinggi tidak hanya membunuh bakteri tetapi juga membuat sisa makanan Anda layak untuk dikonsumsi. Untuk ini, sebaiknya gunakan wajan, nyalakan api dan biarkan mendidih sebentar.

Tapi ada beberapa makanan tertentu yang tidak boleh dipanaskan lagi. Selain menghilangkan nutrisinya, memanaskan makanan ini dapat menyebabkan racun meningkat karena bakteri saat penyimpanannya.

Jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan antara lain kentang, daging matang, seafood, nasi, pasta, bit, jamur, telur, saus yang mengandung susu atau krim dan produk kedelai.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *