oleh

Agar Tak Stres Hadapi Skripsi

SMJTimes.com – Bagi mahasiswa tingkat akhir, skripsi menjadi momok penting guna mendapatkan gelar sarjana setelah perjalanan panjang mengikuti perkuliahan. Dapat dikatakan, inilah fase puncak yang cukup menguras otak mahasiswa.

Menjadi mahasiswa tingkat akhir cenderung memikul banyak beban yang dapat memengaruhi psikis seseorang. Tuntutan dari orang-orang sekitar untuk segera lulus seakan menambah beban pikiran hingga merasa tertekan bahkan stres. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghalau stres mulai dari nonton film, baca buku, belanja, jalan-jalan, atau sekadar rebahan.

Namun sering kali hal itu tak cukup manjur untuk menghilangkan penat dan memupuk semangat kembali skripsi-an. Bahkan sebaliknya menjadi malas-malasan yang berujung skripsi tak kunjung kelar.

Di sini penulis akan berbagi tips untuk terhindar stres dalam menghadapi skripsi yaitu olahraga. Hampir semua orang tahu olahraga adalah kegiatan yang sangat baik untuk tubuh. Tapi tidak semua orang mau untuk melakukannya.

Baca juga: Hempas Jerawat Bonus Langsing

Ketika mengerjakan skripsi, biasanya orang lebih lama menatap layar komputer atau laptop, hingga sangat minim melakukan aktivitas. Orang pun cenderung cepat letih dan malas gerak. Rutin melakukan olahraga menjaga tubuh agar tetap bergerak aktif. Sehingga otot tubuh kembali rileks dan tubuh terasa lebih ringan.

Manfaat olahraga tidak hanya menyehatkan kesehatan fisik, tapi juga menjaga kualitas tidur Anda. Selain itu, manfaat olahraga juga bisa membuat Anda cepat terlelap. Banyak sekali mahasiswa yang memilih malam hari untuk mengerjakan skripsi, yang membuat begadang semalaman. Alhasil, pola istirahat pun kacau. Dengan olahraga mampu meningkatkan kualitas tidur anda dan kembali segar keesokan harinya.

Olah raga yang dilakukan rutin dapat memperbaiki suasana hati dan mood. Mahasiswa tingkat akhir cenderung memiliki mood yang sensitif dan gampang uring-uringan karena berkutat dengan skripsi setiap harinya. Suasana hati yang buruk  dapat mengganggu aktivitas, dengan olahraga maka dapat memperbaiki suasana hati Anda.

Tak perlu waktu yang lama, olahraga dapat dilakukan selama 15-30 menit setiap harinya. Jika tak sempat ke gym dapat melakukan jogging sambil menghirup udara segar. Aktivitas ini dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin (hormon kebahagiaan), sehingga suasana hati pun akan membaik.

Baca juga: Ancaman Gula Bagi Tubuh

Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan energi seseorang. Bagi mahasiswa akhir, perlu energi ekstra untuk merampungkan skripsi. Oleh karenanya, olahraga sangat diperlukan terlebih lagi bagi mereka yang cepat lesu.

Melakukan olahraga, oksigen akan terdistribusi dengan baik ke dalam jaringan tubuh, sehingga jantung akan bekerja lebih baik. Saat kesehatan jantung dan paru-paru terjaga, maka energi pun bertambah dan lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan skripsi.

Baca juga:

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *