Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Bawang Putih

SMJTimes.com – Bawang putih biasa digunakan untuk bahan masakan. Ternyata bawang putih memiliki banyak khasiat untuk mencegah penyakit kronis.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan mengutip Kompas.com.

  1. Risiko kanker paru-paru

Orang yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu selama masa studi 7 tahun memiliki risiko 44 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Jiangsu di Cina.

Para peneliti yang mempublikasikan studi mereka di jurnal Cancer Prevention Research tersebut melakukan wawancara tatap muka dengan 1.424 pasien kanker paru-paru dan 4.543 orang sehat. Mereka ditanya tentang diet dan gaya hidup, termasuk pertanyaan tentang merokok dan seberapa sering mereka makan bawang putih.

Baca Juga :   Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari bagi Tubuh

Penulis penelitian melihat adanya hubungan antara asupan bawang putih mentah dan kanker paru-paru. Mereka telah mengamati pola respons dosis dan menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi berfungsi sebagai agen kemo-preventif untuk kanker paru-paru.

  1. Kanker otak

Senyawa organo-sulfur yang ditemukan dalam bawang putih telah diidentifikasi efektif dalam menghancurkan sel-sel di glioblastomas, yakni sejenis tumor otak yang mematikan .

Komentar