oleh

Menkes : Obat Covid-19 Molnupiravir Tiba di Indonesia Akhir Tahun

Jakarta, SMJTimes.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa pemerintah tengah berupaya mendatangkan obat antivirus Molnupiravir untuk perawatan pasien Covid-19 di Indonesia.

Menkes menyampaikan, saat ini pemerintah sudah menjalin kesepakatan dengan produsen Molnupiravir asal Amerika Serikat, Merck & Co. Kesepakatan tersebut juga telah sampai ke tahap finalisasi.

Ia merencanakan, pengadaan Molnupiravir di Indonesia bisa masuk pada akhir tahun 2021.

“Hal terakhir mengenai obat-obatan. Kami mendampingi Pak Menko Marves (Luhut B. Pandjaitan) sudah berkunjung ke (produsen Molnupiravir) Merck di Amerika Serikat,” ujar Menkes Budi saat konferensi pers virtual ‘Evaluasi PPKM’, seperti dikutip pada Rabu (26/10/2021).

“Kami sudah sampai di tahap finalisasi agreement (persetujuan) agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir, diusahakan di akhir tahun ini,” ujar Mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Baca Juga :   Kenali Faktor Terkena Penyakit Encok

Menurut Menkes Budi, upaya pemenuhan Molnupiravir juga sebagai antisipasi bila terjadi gelombang Covid-19 berikutnya. “Sehingga kita punya cadangan cukup (obat) jika ada potensi gelombang berikutnya,” ujarnya.

Selain mendatangkan Molnupiravir, pemerintah juga menjajaki produsen Merck & Co. untuk membangun pabrik di Indonesia. Penyediaan bahan baku Molnupiravir juga ikut direncanakan.

“Kami sudah menjajaki dengan mereka (Merck) untuk bisa membangun pabrik obatnya juga di Indonesia, termasuk bahan baku obatnya,” pungkasnya. (*)

Komentar

News Feed