oleh

Manfaat Tidur Siang, Tingkatkan Kinerja Hingga Redakan Stres

Mitrapost.com – Tidur siang menjadi aktivitas yang kerap kali diabaikan sebagian orang. Padahal, tidur siang memiliki beragam manfaat baik kesehatan hingga menunjang produktivitas.

Berikut ini manfaat tidur siang mengutip Kompas.com.

  1. Meningkatkan kinerja

Jika Anda sering begadang, tidur siang sebentar saja dapat menghilangkan rasa kantuk. Berbagai penelitian juga menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat reaksi tubuh, dan meningkatkan kemampuan penalaran logis.

  1. Meningkatkan memori

Mencoba mempelajari keterampilan baru? Tidur siang mungkin yang Anda butuhkan. Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mempelajari tugas-tugas baru bisa mengingatnya lebih baik setelah tidur siang singkat.

Satu studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam mampu mengingat informasi baru lebih baik daripada orang yang tidak tidur siang.

  1. Meredakan stres
Baca Juga :   Sejuta Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Tidur siang dapat membantu meredakan stres dan mengubah suasana hati yang buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi dengan lebih baik. Cara terbaik untuk tidur siang Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika tidur siang yang Anda lakukan berkualitas.

Berikut tips tidur siang berkualitas:

– Tidur sebentar saja

Untuk mendapatkan tidur siang yang berkualitas, Anda tidak perlu tidur terlalu lama.

Cukup tidur selama 15 hingga 30 manfaatnya sudah bisa Anda rasakan. Terlalu lama tidur sang justru bisa memicu sejumlah gangguan berikut ini:

– Inersia tidur

Pernahkah Anda terbangun dari tidur siang dengan perasaan grogi dan linglung? Hal ini bisa terjadi karena kita mengalami inersia tidur.

Baca Juga :   13 Cara Mudah Mengecilkan Paha dan Betis yang Menyehatkan

Tidur inersia merupakan gangguan kognitif dan kinerja motorik yang membuat kita merasa belum sepenuhnya siap untuk terbangun dari tidur.

 

– Insomnia

Jika Anda tidur terlalu banyak di siang hari, hal itu bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari. Lalu di pagi harinya Anda justru mengantuk dan tak lagi bisa tidur saat malam hari. Hal ini justru bisa menjadi lingkaran setan.

– Pahami kapan saatnya harus tidur siang

Anda tidak perlu tidur siang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Tetapi pada hari-hari di mana Anda memang memerlukannya, tidur siang singkat bisa memberikan dorongan energi.

Saat siang hari, kita cenderung merasa lesu. Hal ini merupakan bagian alami dari ritme sirkadian tubuh.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Mata, Konsumsi Makanan Berikut

Agar tubuh bisa kembali merasa berenergi, Anda bisa mencoba tidur siang singkat. And abisa mencoba tidur siang singkat saat pukul 02.00 siang. Hindari tidur siang terlalu sore karena bisa mengganggu tidur malam kita. (*)

 

Komentar

News Feed