oleh

Jumlah Peserta BPJS Pati Meningkat Signifikan

Pati, SMJTimes.com – Jumlah peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Pati naik signifikan tahun ini. Hal tersebut menandakan kesadaran masyarakat Pati terhadap kesehatan mulai meningkat.

Terlebih, dampak turunnya sektor ekonomi dunia usaha akibat pandemi Covid-19 tak menurunkan minat masyarakat terhadap program jaminan kesehatan.

Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Pati, Bonaventura Andry Sigmanda mengatakan per bulan November 2021 lalu, capaian kepesertaan BPJS Pati sudah mencapai 80,37 persen.

Secara terperinci, dari 1.357.090 penduduk Kabupaten Pati, sebanyak 1.090.659 penduduk telah ikut serta program BPJS Kesehatan.

“Penambahan jumlah kepesertaan BPJS di Pati mencapai 80 persen per November 2021,” kata Bona kepada SMJTimes.com saat ditemui di kantornya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga :   Dewan Pati akan Undang Eksekutif Terkait Pembangunan Pabrik Apparel

Bona menambahkan, seiring bertambahnya jumlah peserta, jumlah transaksi harian BPJS di kantor cabang maupun melalui pelayanan online Pandawa Pati juga mengalami peningkatan. Dalam sehari, pihaknya bisa melayani hingga 350 transaksi.

Menurut Bona, kesadaran warga Pati dalam mengawal kesesuaian data diri di BPJS mengalami peningkatan tahun ini. Hal ini karena seiring meningkatnya pemahaman masyarakat terkait pentingnya akurasi data saat mengaktifkan kartu BPJS.

“Dalam sehari, kami menangani 300-350 transaksi untuk Pati, Rembang, dan Blora. Untuk 15-20 persen sisanya adalah pengajuan baru. Sisanya update penyesuaian data untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi,” terang Bona.

Bona berharap, keikutsertaan masyarakat Pati di BPJS Kesehatan semakin meningkat tahun depan sehingga kesehatan masyarakat setempat semakin terjamin. (*)

Baca Juga :   Dewan Pati Minta Guru Honorer Jadi Prioritas PPPK

Komentar

News Feed