oleh

Pergantian Pimpinan, LBH Rupadi Gelar Kongres Luar Biasa

Semarang, SMJTimes.com – Pucuk pimpinan pada Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Bantuan Hukum Rumah Pejuang Keadilan Indonesia (DPP LBH RUPADI) resmi berganti dari Dr. Bahrul Fawaid ke Sumanto, MH. Pergantian itu berlangsung dalam Pemilihan Kongres Luar Biasa (KLB) yang dihadiri 27 anggota dari 15 perwakilan yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Pemilihan itu berlangsung di Metting Room Lemon Grass, Kota Semarang, pada Minggu (15/8/2021).

Dalam pemilihan itu Sumanto unggul 18 suara, sedangkan pesaingnya Okky Andaniswari mendapat 7 suara, yang dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal. Terakhir Sasetya Bayu Effendi memperoleh 2 suara, dipercaya sebagai Asisten Litigasi.

Pemilihan itu berlangsung demokrasi dengan pemilihan layaknya pilkada, ada calon di awal dan pemilihan dengan surat suara. Dimana setiap perwakilan peserta memperoleh satu suara. Adapun para perwakilan itu datang dari Grobogan, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Batang, Jakarta, Rembang, Demak, Kendal, Purworejo, Wonosobo, Bangkalan, Tegal, Kudus, dan Pati.

Baca Juga :   Operasi Yustisi Pancur, 12 Pelanggar Terciduk Petugas

Sumanto bukan orang baru dalam dunia kepemimpinan organisasi. Ia sendiri merupakan pensiunan pegawai negeri sipil. Terakhir menjabat Kasubid Pemilu, Pendidikan dan Budaya Politik pada Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu tercatat sebagai anggota Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) dan Wakil Direktur PKBH Badko LPQ Kota Semarang, serta Ketua Mathla’ul Anwar Jateng. Pergantian kepengurusan itu sendiri di restui langsung oleh Dr. Bahrul Fawaid, yang saat ini telah menjabat sebagai Ketua Bagian PMB pada Universitas Wahid Hasyim (Umwahas), sehingga waktunya tidak bisa maksimal untuk di LBH RUPADI.

Ketua Dewan Pendiri LBH Rupadi, Joko Susanto, meminta nantinya antara pendiri dan jajaran pengurus bisa saling sinergi aktif. Kemudian kepengurusan bisa berkembang ada perwakilan di seluruh Indonesia. Dalam pertemuan itu, Joko, juga menyampaikan peta rekruitmen anggota Rupadi kedepan.

Baca Juga :   Kalapas Semarang Imbau Masyarakat Jauhi Narkoba

Ia juga menyampaikan pelaksanaan KLB tersebut merupakan usulan sejak lama dari Presiden Rupadi pertama, Bahrul Fawaid, namun baru bisa terselenggara kali ini. Ia juga memaklumni atas usulan tersebut karena Bahrul memiliki amanah baru di kampus.

Menurutnya baik Bahrul maupun Sumanto memiliki rekam jejak yang baik. Karena sebelumnya Bahrul juga pernah menjabat Asisten Penghubung Komisi Yudisial Jateng serta masih bertugas sebagai dosen aktif di Unwahas.

“Pelantikan dan pengukuhan pengurus hasil KLB akan dilaksanakan bersamaan dengan perayaan hari lahir kedua LBH Rupadi yang jatuh pada 01 Oktober mendatang. Dengan begitu tim formatur bisa membentuk kepengurusan secara matang dan seluruh pengurus bisa dilihat mana yang benar-benar memiliki keseriusan untuk membesarkan LBH Rupadi,” jelasnya.

Komentar