oleh

Kasus Covid-19 Menurun, BOR di Pati Capai 26 Persen

Pati, SMJTimes.com – Jelang berakhirnya PPKM Level 3 Tren kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat.

Hal ini ditandai jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di RSUD Soewondo Kabupaten Pati per Sabtu (7/8) tinggal 3 orang. Sementara pasien isolasi mandiri di Hotel Kencana tinggal 4 orang.

“Di kencana 4 di Wijayakusuma 3. Di Kabupaten Pati penyebaran menurun, kesadaran masyarakat meningkat. Tidak hanya Kencana dan Wijayakusuma saja. Pada satgas jogotonggo juga ada penurunan,” Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Joko Santoso.

Ia menceritakan, angka tersebut sangat signifikan bila dibandingkan saat Bulan Mei dan Juni, di mana Hotel kencana pernah menampung pasien karantina sebanyak 84 orang, padahal ketersediaan ruang harusnya hanya untuk 60 orang.

Baca Juga :   Catatan Investasi DPMPTSP Pati

Terkait diperpanjang atau tidaknya sewa Hotel Kencana, Joko belum bisa memberi keterangan lantaran hal tersebut kewenangan Ketua Satgas Covid-19 dan BPBD.

Joko menambahkan selain tingkat kesembuhan pasien karantina yang cukup tinggi ia mengklaim bahwa bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di Pati juga berangsur menurun yakni di angka 26 persen.

Ia berharap capaian tersebut dapat meningkat sehinga program PPKM dari Pemda tak lagi diperpanjang.

“BOR sudah turun koran hari ini mencapai 26 persen. Ada penurunan yang bagus,” ujarnya. Joko juga menyebut bahwa tenda-tenda darurat di beberapa rumah sakit telah dibongkar.

Meski pasien karantina dan BOR menurun, diimbau kepada masyarakat Pati agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M hingga penularan virus Covid-19 di Pati berhenti.(*)

Baca Juga :   Tingkatkan Jogo Tonggo, Linmas di Kecamatan Sedan Jalani Pelatihan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “PPKM Level 3 Hampir Berakhir, Pasien Karantina dan BOR di Pati Turun Signifikan”

Komentar

News Feed