oleh

Kabupaten Demak Tak Gelar Salat Iduladha Tahun Ini

Demak, SMJTimes.com – Kementerian Agama Kabupaten Demak Pastikan tak gelar salat Iduladha. Kebijakan ini merujuk Surat Edaran (SE) Kemenag RI nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M.

“Di sini diatur, peniadaan peribadatan di tempat ibadah pada saat PPKM Darurat. Jadi, otomatis tidak ada salat Iduladha yang diselenggarakan di masjid maupun lapangan,” katanya saat diwawancara, Rabu (7/7/2021).

Ia menjelaskan, SE Kemenag RI juga berlaku untuk tempat ibadah yang lain, seperti Pura, Gereja, dan Klenteng.

Kemudian, Masrukan menegaskan masyarakat tidak diperkenankan melaksanakan salat Iduladha di masjid ataupun lapangan. “Masyarakat diarahkan untuk melakukan ibadah shalat Iduladha di rumah saja bersama keluarga inti,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pemkab Demak Gencar Berantas Peredaran Rokok Ilegal

Kemenag Demak sudah mengirim SE ke Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai kepanjangan tangan di tingkat Kecamatan. Di sana ada penghulu, penyuluh agama, dan lainnya.

“Mereka di minta untuk menyampaikan kepada masjid dan musala yang menjadi pembinaannya. Kita punya 112 penyuluh agama Islam tersebar di 14 kecamatan,” ungkapnya.

Nantinya, kebijakan terkait ibadah salat Iduladha ini akan disosialisasikan langsung kepada masyarakat oleh penyuluh agama.

Sekadar informasi, Kabupaten Demak sendiri masuk wilayah level 3 penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah. Hal ini mengharuskan Kabupaten Demak untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Kemenag Demak Pastikan Tak Gelar Salat Iduladha”

Komentar

News Feed