oleh

Pilkades Pati Picu Kerumunan Warga

Pati, SMJTimes.com – Kabupaten Pati menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 215 desa pada hari ini, Sabtu (10/4/2021) atau masih dalam masa pendemi Covid-19.

Pilkades tahun ini, berbeda dengan Pilkades pada tahun-tahun sebelumnya. Beberapa aturan dan arahan mewajibkan panitia Pilkades di tingkat desa menyiapkan protokol kesehatan (prokes) pada penyelarasan Pilkades di tahun ini.

Mulai dari mewajibkan warga menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan sarung tangan hingga menjaga jarak. Aturan ini perlu dilakukan agar tidak timbul klaster Covid-19 dari penyelanggaraan Pilkades.

Namun sayangnya berdasarkan pantauan di lapangan, terjadi penumpukan atau kerumunan warga yang ingin menggunakan hak suaranya di beberapa desa.

Baca Juga :   APS Membludak, Dinkes Pati Imbau Warga Tak Jenguk

Seperti di Desa Sundoluhur Kecamatan Kayen, Desa Tlogoayu Kecamatan Gabus, Sarirejo Kecamatan Pati Kota dan Desa Pantirejo Kecamatan Gabus. Puluhan hingga ratusan warga berebut mengantre di luar TPS.

Ketua Panitia Pilkades Sundoluhur, Alis Sapari, mengatakan pihaknya sudah berusaha menyiapkan protokol kesehatan seperti mewajibkan warga menggunakan masker, mengukur suhu badan setiap warga atau daftar pemilih tetap (DPT) dan mengimbau menjaga jarak.

“Kami sudah meminta masyarakat menjaga jarak tetapi masih berkeruman,” ujar Alis Sapari.

Komentar