oleh

Pilkades Pati Siap Digelar, Deklarasi Damai Digaungkan

Pati, SMJTimes.com– Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) siap digelar di enam desa pada Sabtu (16/10/2021). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pun menggaungkan daklarasi PAW damai di Pendopo Kabupaten Pati, pada Kamis (14/10/2021).

Selain melakukan deklarasi, sosialiasi juga dilakukan. Dalam acara ini, sejumlah pihak calon kepala desa ikut mendatangi bersama dengan pejabat di Kabupaten Pati.

Bupati Pati Haryanto yang hadir dalam acara itu mengimbau acara sosialisasi dan deklarasi  sebagai bentuk persiapan dalam menyambut PAW yang akan diselenggarakan mendatang. Ia mengatakan  acara tersebut juga sebagai bentuk komitmen untuk tetap menjaga kondusif dalam pelaksanaannya.

Orang nomor satu di Pati juga berpesan, nantinya bagi siapa saja yang menang atau kalah diharapkan untuk tetap bisa saling menghormati.  Dan juga bersikap dewasa untuk proses demokrasi ke depan.

Baca Juga :   PAW telah Digelar, Wabub Pati Ingatkan Kepala Desa Terpilih Sejahterakan Masyarakat

“Calon ini siap menang ya siap kalah. Jika menang yo jangan jumawa. Kalau kalah ojo menyalahkan yang lain. Deklarasi ini tujuannya untuk  bersikap dewasa terhadap demokrasi,” ujar Haryanto dalam sambutan.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan PAW yang mempunyai tahapan bulan Mei sampai Juli itu sempat ditunda. Penundaan dalam penjelasan bupati karena turunnya surat mendagri yang mengatur kegiatan dalam pemberlakuan PPKM Darurat.

“Tahapan dari Mei sampai Juli tidak saya terapkan  karena ada surat mendagri. Saya manut kemendagri,” tutur Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati ini.

PAW yang akan diselenggarakan Sabtu mendatang akan diikuti 6 desa. Diantaranya Desa Tanjang Kecamatan Gabus, Desa Bageng Kecamatan Gembong, Desa Tegalarum Kecamatan Margoyoso, Desa Pakis Kecamatan Tayu, Desa Margomulyo dan Desa Bumirejo dari Kecamatan Juwana. Sedangkan total calon  kepala  desa yang akan maju ke PAW sebanyak 14 calon. (*)

Baca Juga :   Sidang Umum PBB, Raja Salman Dukung Denuklirisasi Iran

Komentar

News Feed