oleh

Persiapan Pilkada Rembang, KPU Sortir Surat Suara

Rembang, SMJTimes.com – Bertempat di gudang KPU Rembang, sejumlah petugas melalukan kegiatan pelipatan dan penyotiran surat suara pilkada. Hal ini guna memastikan tidak ada kerusakan pada surat suara untuk 9 Desember mendatang.

Berdasarkan penjelasan ketua KPU Rembang, Ikbal Ika Fahmi bahwa hari ini pihaknya melakukan kegiatan pelipatan dan penyotiran surat suara. Ikbal menyebutkan ada sekitar lima ratus ribu lebih surat suara yang dipilih di gudang KPU.

Baca juga: Video : Guru Agama Rembang Terima Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

“Sesuai dengan jumlah DPT plus 2,5 persen. Sejumlah 503.619,” jelas Ikbal Ika Fahmi saat dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (16/11/2020).

Ketua KPU Rembang itu juga menyebutkan, untuk kegiatan pelipatan dan penyotiran surat suara ditargetkan selesai sekitar empat sampai lima hari ke depan.  Dengan menempatkan 50 orang petugas pelipat yang diambilkan dari warga setempat.

BacA JUGA: Video : Tahun Ini, Rembang Nihil Dana Penanganan Abrasi

“Kita merekrut petugas sejumlah 50 orang dengan target 2000 surat suara yang bisa disortir dan dilipat tiap orangnya. Per surat suara 100 rupiah,”  Imbuhnya.

Sedangkan dari petugas pelipatan dan penyotiran surat suara, Arif salah satu warga desa Tireman, Rembang mengaku dirinya melakuan kegiatan tersebut baru mulai hari ini hingga selesai. Ia juga menjelaskan pada hari ini dirinya melakukan pelipatan sebanyak 2000 lembar surat suara.

Baca juga: Video : ASN Diduga Langgar Netralitas di Pilkada, Warga Rembang Lapor ke Sekda

“Dari hitungannya itu, kita diberi intruksi untuk perbundel 25 lembar. Nati kita masukan, kita tata rapi, jangan sampai ada yang terlipat. Kalau nanti ada yang cacat dan rusak kita sisihkan.”

Arif juga menambahkan dalam temuan surat suara rusak yang harus ia sisihkan mempunyai beberapa kriteria. Mulai dari yang terlipat, berwarna kurang cerah hingga mempunyai titik tinta.(*)

Baca juga: 

Reporter: Aziz Afifi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *