oleh

KPU Pati Gelar Sosialisasi Aturan dan Cara Pendaftaran Parpol

Pati, SMJTimes.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati pada hari ini, Jumat (29/7/2022) menggelar rapat koordinasi Tahapan Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di aula KPU Kabupaten Pati.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 26 partai politik (parpol) yang akan mengikuti kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Pati Imam Kartiko, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, dan Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv Pengawasan dan Hubal) Bawaslu Kabupaten Pati Ayu Dwi Lestari, dan perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pati.

Baca Juga :   DPRD Pati Tak Setuju Jika Pemerintah Impor Garam

Supriyanto selaku Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pati memaparkan bahwa semua parpol yang turun dan mengikuti kontestasi politik tahun 2024 harus memenuhi persyaratan secara mutlak menjadi peserta pemilihan umum (pemilu).

“Partai politik calon peserta pemilu dapat menjadi peserta pemilu memenuhi semua persyaratan dengan mutlak secara global. Yang paling utama adalah berbadan hukum sesuai undang-undang tentang partai politik,” ucap Supriyanto saat menyampaikan materinya.

Berdasar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang diturunkan ke dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, adapun syarat-syarat mutlak yang harus dipenuhi parpol di antaranya mempunyai kepengurusan di seluruh provinsi sebanyak 75 persen. Kemudian memiliki kepengurusan di tingkat kabupaten/kota sebanyak 50 persen, dan menyertakan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol tingkat pusat.

Baca Juga :   BPKAD Pati Gelar Pengundian Hadiah Bagi Para Wajib Pajak Bumi Bangunan

“Parpol juga harus mempunyai anggota sekurang-kurangnya 1.000 anggota atau 1 banding seribu dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA),” jelas Supriyanto yang juga selaku narasumber dalam acara tersebut.

Komentar