oleh

Sudah Makan Tapi Kok Lapar Terus, 7 Kebiasaan Ini Penyebabnya

SMJTimes.com – Tubuh membutuhkan asupan makanan sebagai sumber energi untuk aktivitas. Ketika tubuh memerlukan makanan, otak akan memberikan sinyal berupa rasa lapar.

Maka, wajar saja jika kamu merasakan lapar setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Namun, pernah nggak sih kamu merasa terus-menerus merasa lapar?

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Jika iya, berarti ada yang kurang dari asupan nutrisi yang kamu berikan ke tubuh. Pasalnya, kondisi tubuh sangat bergantung dengan sumber energi yang kamu berikan. Tak ayal, kamu perlu memerhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu.

Nah, berikut ini beberapa penyebab yang bisa membuatmu lapar terus-menerus padahal sudah makan cukup. Simak rangkuman SMJTimes berikut ya.

Baca juga: Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

  1. Kurang protein

Penyebab lapar terus-menerus bisa karena pola makan kurang protein. Melansir Healthline, protein merupakan zat penting untuk mengontrol nafsu makan. Protein dapat mengurangi rasa lapar dengan menambah produksi hormon yang mengendalikan rasa kenyang, sekaligus mengurangi hormon yang merangsang rasa lapar.

Untuk mencegah sering lapar, tambahkan protein dalam menu makan sehari-hari. Pilih protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, dan telur, Bisa juga menambahkan protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Terlalu banyak karbohidrat olahan

Makan karbohidrat olahan juga bisa jadi penyebab kenapa lapar terus. Contoh karbohidrat olahan di antaranya tepung terigu, roti, pasta, dan makanan dari gula buatan. Karbohidrat olahan cenderung minim serat. Sehingga, tubuh dapat mencernanya dengan cepat dan rasa kenyang tidak awet lama.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Makan karbohidrat olahan juga membuat gula darah cepat melonjak diikuti turunnya gula darah secara tiba-tiba. Lonjakan naik turunnya kadar gula darah tersebut bisa memicu rasa lapar. Untuk mencegah sering lapar, ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompeks dari sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Kurang lemak

Selain protein, kekurangan lemak juga bisa jadi penyebab sering lapar. Seperti diketahui, lemak berperan penting dalam membuat perut kenyang. Pasalnya, lemak butuh waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga lebih lama bertahan di perut.

Selain itu, makan lemak juga memicu pelepasan hormon yang meningkatkan rasa kenyang. Namun, pastikan untuk memilih makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, minyak zaitun, telur, sampai alpukat.

  1. Minim serat

Penyebab lapar terus juga bisa dipengaruhi kurangnya asupan serat. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Serat membantu memperlambat laju pengosongan perut, sehingga makanan bertahan lebih lama di perut.

Baca juga: Serahkan Bingkisan Lebaran, Bupati Pati : Bantuan Tepat Sasaran dan Tepat Manfaat

Selain itu, makan serat juga memengaruhi pelepasan hormon untuk mengurangi nafsu makan. Untuk memastikan tubuh tidak kekurangan serat, pastikan untuk selalu makan buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang jadi lapar terus. Tidur yang cukup diperlukan untuk mengontrol fungsi otak dan sistem daya tahan tubuh agar tetap optimal. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa mengendalikan hormon perangsang nafsu makan. Kurang tidur membuat kadar ghrelin meningkat, sehingga seseorang jadi sering lapar.

Baca juga: Dewan Pati Ajak Masyarakat Manfaatkan Media Sosial untuk Silaturrahmi di Masa Pandemi

  1. Kekurangan cairan

Hidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Minum cukup air putih juga bisa menjaga perut agar awet kenyang dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Mengingat peran air yang penting dalam membantu menjaga awet kenyang, orang yang kurang minum air putih jadi merasa sering lapar. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, upayakan untuk selalu minum saat haus. Selain itu, konsumsi makanan kaya air seperti buah dan sayur.

  1. Stres

Kondisi tubuh yang sangat stres juga bisa jadi penyebab sering lapar. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol, yang bisa memicu rasa lapar dan keinginan mengonsumsi makanan tertentu. Apabila saat ini Anda kerap merasa lapar terus, coba kendalikan stres selain mengontrol pola makan bergizi seimbang.

Apa kebiasaan di atas kamu lakukan? Jika iya, coba perlahan-lahan kurangi. Karena makan yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi tubuh hingga mendatangkan berbagai macam penyakit. Tetap jaga kesehatan dengan perhatikan pola makan hingga pola hidup sehatmu ya!

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *