oleh

Cegah Rambut Rontok, Lakukan 7 Langkah Ini

SMJTimes.com – Memiliki rambut lebat dan sehat menjadi dambaan setiap orang, utamanya kaum hawa. Namun, persoalan rambut rontok sering kali melanda. Meski terlihat sepele, rambut rontok bisa memicu orang kurang percaya diri.

Pada wanita, kerontokan lebih sering terjadi pada usia paruh baya, karena sejumlah faktor termasuk menopause, riwayat keluarga, penuaan umum, dan bahkan stres serta diet.

Baca juga: Cairkan Suasana Aksi, Ganjar Ajak Massa Bernyanyi

Demi mendapatkan kulit kepala yang sehat, yang harus dilakukan adalah pembersihan rutin demi melenyapkan bakteri, keringat, dan minyak berlebih dari kulit.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah beberapa langkah untuk mengatasi kekeringan berlebih, dan untuk meningkatkan proses pergantian sel kulit.

Baca juga: Keluarkan Racun Tubuh, Lakukan 5 Aktivitas Berikut Lancarkan Detoksifikasi

  1. Keramas secara teratur

Pembersihan adalah salah satu bagian terpenting dari perawatan kulit kepala. Sampo yang  tepat dan seberapa sering berkeramas, penting untuk diperhatikan. Daripada mencoba-coba sampo karena tergiur iklan, carilah merek sampo yang memiliki bahan dasar alami atau yang ditujukan untuk masalah kulit kepala kita, secara spesifik.

  1. Eksfoliasi

Jika kita menderita kulit kering atau psoriasis, kita mungkin perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit kering, 2-3 kali seminggu. Namun demikian, eksfoliasi sekali seminggu umumnya cukup untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit kepala.

Baca juga: Tak Lagi Ribet Menghitung, Bonum Hadir Permudah Bisnis UKM

Cari sampo yang memiliki bahan ekstrak willow putih dan asam salisilat. Kita juga bisa membeli scrub wajah yang lembut dan menggunakannya sebagai perawatan awal sebelum keramas.

  1. Pijat

Lakukan pemijatan sekali seminggu. Luangkan waktu 5-10 menit untuk memijat kulit kepala. Lakukan gerakan melingkar yang lembut pada kulit kepala dengan menggunakan ujung jari, bukan ujung kuku dengan lembut.

Bila pandemi telah usai, kita bisa mendatangi salon untuk mendapatkan pijatan dari profesional.

Baca juga: Jangan Sepelekan Cakaran dan Gigitan Kucing, Bisa Infeksi

  1. Menjaga kelembapan

Banyak masalah kulit kepala yang umum muncul dari  kulit kepala yang kering. Saat mandi, hindari keramas dengan menggunakan air yang terlalu panas.

Sebagai gantinya, gunakan air hangat atau dingin untuk membilas.

Rawatlah 1-2 kali seminggu, dan biarkan rambut mengering secara alami, agar kulit kepala terhindar dari panas pengering rambut yang akan membuatnya semakin kering.

Baca juga: KUB, Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Petani Jeruk Pamelo

  1. Beri minyak

Meminyaki rambut sekali seminggu penting untuk memberikan nutrisi dan hidrasi.

Campur minyak esensial dengan minyak pilihanmu, bisa minyak VCO, minyak kelapa atau minyak zaitun.

Oleskan ke kulit kepala dan lakukan pijatan yang lembut. Bilas dengan sampo dan air hangat.

Baca juga: Tak Lagi Ribet Menghitung, Bonum Hadir Permudah Bisnis UKM

  1. Hindari mengikat rambut

Mengikat rambut ke atas dapat menyebabkan kerusakan bahkan pada akhirnya menyebabkan rambut rontok. Ini terjadi karena akarnya terus menerus ditarik, yang akhirnya menyebabkannya putus.

  1. Gunakan masker rambut

Sama seperti masker wajah yang berfungsi menutrisi dan melembabkan kulit, masker rambut bekerja dengan cara yang sama untuk meningkatkan kondisi dan kesehatan rambut. Masker rambut terbaik untuk pertumbuhan rambut seringkali mengandung bahan, seperti argan, jojoba, dan minyak alami lainnya. Kandungan itu membantu menutrisi dan memperkuat folikel rambut.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *