Khasiat Tersembunyi Bengkuang, Sumber Prebiotik Baik Bagi Pencernaan

Diet tinggi prebiotik dilaporkan dapat meningkatkan populasi bakteri “baik” di usus dan mengurangi jumlah bakteri tidak sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa jenis bakteri di usus dapat memengaruhi berat badan, sistem kekebalan tubuh, dan bahkan suasana hati. Mengkonsumsi makanan prebiotik juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan jenis bakteri yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal.

  1. Dapat mengurangi risiko kanker

Seperti sudah dijelaskan di sebelumnya, bengkuang terbukti mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium dan beta-karoten. Antioksidan ini dapat menetralisir radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Baca juga: Cegah Rambut Rontok, Lakukan 7 Langkah Ini

Baca Juga :   Praktis dan Serbaguna, Berikut Beberapa Manfaat Buah Anggur bagi Tubuh

Selain itu, bengkuang merupakan sumber serat makanan yang baik. Serat makanan terkenal karena efek perlindungannya terhadap kanker usus besar. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari 27 gram serat makanan per hari memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker usus besar, dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 11 gram.

  1. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Melansir WebMD, bengkuang memiliki indeks glikemik rendah dan tinggi serat. Ini berarti, makan bengkuang sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah, yang dapat menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Komentar