Mengenal Tai Chi, Seni Olahraga yang Dapat Merilekskan Tubuh

SMJTimes.com – Tai chi merupakan olaharaga yang mengombinasikan seni dan kebugaran. Jenis olahraga ini terdiri dari rangkaian gerakan peregangan secara perlahan, konsentrasi serta teknik pernapasan dalam, seperti gerakan aliran air yang tenang.

Tai chi bertujuan untuk melatih pernapasan, konsentrasi dan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah rutin melakukan olahraga ini, diantaranya rileksasi, meningkatkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung, paru-paru, menjaga keseimbangan, kelenturan, kelincahan tubuh, memperbaiki kualitas tidur dan sebagainya.

Tertarik dengan gerakan olahraga ini? Berikut beberapa langkah untuk melakukannya.

Siapkan posisi awal

Untuk menyiapkan posisi awal, Anda bisa berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kemudian tangan di pinggul. Putar kepala ke kanan dan ulangi sebanyak 2 kali. Putar kembali dengan arah sebaliknya 3 kali. Selanjutnya, tarik napas dalam hingga bahu sedikit terangkat, lalu embuskan secara perlahan sembari menurunkan bahu.

Baca Juga :   Pecinta Kopi Perlu Tahu, Ini Efek Minum Kopi saat Perut Kosong

Melemaskan tangan

Pertama, angkat kedua tangan setinggi perut. Pastikan lengan atas tetap menjaga postur tubuh. Setelah itu, kibas-kibaskan telapak tangan seperti saat mengeringkan dari sisa air. Bersamaan dengan itu, tarik dan buang napas dalam sebanyak 3 kali.

Komentar