Menurut Pakar Kesehatan, Kentang Panggang Lebih Sehat Daripada Digoreng

Mitrapost.com – Kentang merupakan jenis sumber karbohidrat yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Selain itu, kentang juga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kecukupan gizi tubuh Anda.

Meski mudah diolah, Anda tetap perlu memperhatikan bagaimana cara mengolah kentang agar sayuran tersebut tidak kehilangan manfaatnya. Menurut Julie Upton, seorang pakar kesehatan mengatakan bahwa cara paling sehat mengonsumsi kentang adalah dengan memanggangnya bersama dengan kulit.

Dilansir dari Eat This Not That, ia mengatakan bahwa kentang panggang tidak akan menambah kalori seperti saat Anda menggorengnya dengan minyak, sehingga menjadi kentang goreng. Selain itu, membiarkan kulit kentang akan memberikan nutrisi tambahan pada makanan tersebut. Kandungan serat dalam kentang setengahnya berasal dari kulitnya. 58g kulit kentang memberikan 4,5g serat, dan 332mg potasium.

Baca Juga :   Mengapa Orang-orang Oversharing di Media Sosial?

Kentang menawarkan vitamin C, serta memiliki 110 kalori dalam kentang berukuran sedang. Jumlah kandungan tersebut cukup sedikit. Selain itu, jenis umbi-umbian tersebut juga sumber karbohidrat yang cocok untuk diet. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, kentang dapat berkontribusi dalam asupan vitamin dan mikronutrien, serta membutuhkan lebih sedikit energi untuk mencernanya daripada saat makan pasta atau nasi.

Komentar