oleh

Pencapaian Gemilang, Timnas U-19 Menang Telak Lawan NK Dugopolje 3-0

SMJTimes.com – Pencapaian luar biasa ditorehkan timnas U-19 Indonesia setelah berhasil memetic kemenangan dalam laga melawan NK Dugopolje dalam laga persabatan di Kroasia. Duel timnas U19 Indonesia vs NK Dugopolje yang digelar di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kamis (8/10/2020) malam WIB itu berakhir dengan skor 3-0.

Gol-gol kemenangan Garuda dicetak pada babak pertama lewat aksi Braif Fatari (3′), Brylian Aldama (15′-penalti), dan Witan Sulaeman (21′). Bagi timnas U19 Indonesia, ini merupakan kemenangan ketiga selama menjalani pemusatan latihan di di Kroasia. Sebelumnya, skuad asuah Shin Tae-yong itu sudah memetik kemenangan saat bersua Qatar (2-1) dan Dinamo Zagreb (1-0).

Baca juga: Galeri Foto Klub Sepakbola Indonesia Persija Jakarta

Pada laga melawan NK Dugopolje, Shin Tae-yong mengganti Imam Zakiri dengan Supriadi di sisi kiri penyerangan timnas U19 Indonesia. Soal formasi, Shin Tae-yong masih mengandalkan 4-4-2. Formasi tersebut terbukti ampuh ketika berhadapan dengan NK Dugopolje.

Belum genap lima menit, penyerang timnas U19 Indonesia, Braif Fatari, langsung mencetak gol usai memanfaatkan umpan Bagas Kaffa yang bermanuver dari sisi kanan penyerangan Garuda Muda. Unggul cepat membuat David Maulana dkk semakin tampil percaya diri.

Baca juga: Kompak, Manchester United dan Liverpool Menelan Kekalahan di Liga Inggris

Mereka terus mendominasi penguasaan bola hingga berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-15. Gol kedua Garuda Muda tercipta lewat eksekusi penalti Brylian Aldama. Timnas U19 Indonesia mendapat hadiah penalti usai Rizky Ridho dilanggar oleh salah satu pemain NK Dugopolje di wilayah terlarang.

Keunggulan dua gol belum membuat skuad asuhan Shin Tae-yong puas. Gol ketiga timnas U19 Indonesia tercipta lewat aksi Witan Sulaeman pada menit ke-21. Witan mencetak gol dengan memaksimalkan bola muntah hasil sundulan Irfan Jauhari yang sempat ditepis kiper NK Dugopolje. Permainan agresif timnas U19 kemudian memakan korban pertama.

Baca juga: Hasil Liga Inggris, Man City Dibekuk Leicester City

Pada pertengahan babak kedua, winger andalan Garuda Muda, Supriadi, harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Dia tampak kesakitan saat ditopang menuju ke luar lapangan oleh tim medis. Supriadi pun harus digantkan oleh Imam Zakiri. Imam Zakiri yang tampil sebagai pemain pengganti, langsung menciptakan peluang pada pengujung babak pertama.

Dia berperan dalam hadiah penalti kedua yang diraih timnas U19 Indonesia. Namun, penalti tersebut gagal berbuah gol. Sepakan Rizky Ridho yang ditunjuk sebagai algojo, mampu ditebak kiper NK Dugopolje. Alhasil, skor 3-0 untuk keunggulan Garuda Muda pun bertahan hingga turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua, duel antara timnas U19 Indonesia dan NK Dugopolje berjalan sengit. Duel individu antar-pemain kerap terjadi hingga menghasilkan sejumlah pelanggaran. Salah satu dari sederet duel tersebut kemudian berdampak buruk bagi kubu Indonesia.

Baca juga: Gagal ke Turki, Timnas U-19 Lanjut TC di Kroasia

Bek kanan timnas U19 Indonesia, Bagus Kaffa, menjadi korban kedua dalam laga ini setelah dirinya mendapat tekel keras dari salah satu pemain NK Dugopolje. Bagus Kaffa pun tak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami kesakitan pada bagian ankle-nya.

Setelah itu, duel antara timnas U19 dan NK Dugopolje  masih berjalan sengit.

NK Dugopolje yang minim peluang pada babak pertama mulai menemukan sentuhannya sepanjang babak kedua. Mereka beberapa kali mengancam gawang Garuda Muda yang pada babak kedua dikawal oleh Yofandani Damai.

Namun, tak ada satupun peluang NK Dugopolje yang berbuah gol.Alhasil, skor 3-0 untuk keunggulan timnas U19 Indonesia bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga.

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Timnas U19 Indonesia Vs NK Dugopolje, 2 Pemain Jadi “Tumbal” Kemenangan Garuda Muda

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *