oleh

Pepaya Melancarkan BAB, Mitos Atau Fakta?

SMJTimes.com – Sebagian besar masyarakat Indonesia mempercayai pepaya berkhasiat untuk melancarkan buang air besar. Tak mustahil jika banyak orang merekomendasikan pepaya jika mengalami sembelit.

Pepaya ini pun sangat mudah dijumpai di negeri ini. Bahkan, pepaya banyak dijajakan di pasaran dengan harga yang relatif miring.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Buah yang memiliki warna oranye ini memiliki rasa khas yang manis dan lembut. Buah ini seringkali diidentikkan sebagai buah pelancar pencernaan.

Namun, apakah klaim tersebut benar menurut medis? Atau hanya mitos yang beredar di masyarakat?

Untuk mengetahui kebenarannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Penjelasannya

Sembelit atau ketika buang air besar menjadi sulit sehingga kotoran menumpuk di usus besar merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini sering dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Melansir dari Live Strong, penyebab umum sembelit termasuk dehidrasi, kekurangan serat makanan, kekurangan vitamin, perubahan hormonal, penyakit dan efek samping obat. Kabar buruknya, kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius jika tidak segera diatasi.

Baca juga: Waspada Penyakit Tumor Otak, Kenali Gejalanya

Beberapa komplikasi serius yang mungkin terjadi karena sembelit adalah obstruksi usus, radang usus besar, berkurangnya penyerapan nutrisi, wasir, hingga hernia. Salah satu cara paling mudah dan dianggap paling ampuh adalah dengan mengonsumsi pepaya. Manfaat konsumsi pepaya ini memang benar adanya.

Sebuah penelitian yang terbit dalam Neuro Endocrinol Letter tahun 2013 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi formula berbahan dasar pepaya selama 40 hari mengalami kondisi yang lebih baik pada gangguan sembelit dan kembung. Kandungan yang berperan besar dalam memberikan manfaat ini adalah enzim papain.

Baca juga: Tanaman Tumbuh Subur, Hindari Beberapa Kesalahan saat Berkebun

Dikutip dari Healthline, enzim papain dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Pepaya yang masih mentah sebagian mengandung paling banyak papain, yang bermanfaat untuk sembelit karena mencegah penumpukan protein yang sebagian dicerna di usus besar. Selain itu, pepaya merupakan sumber serat tidak larut yang sangat baik. Ini membantu kotoran yang menumpuk di usus besar bergerak lebih mudah.

Cara terbaik mengonsumsi pepaya untuk mendapatkan nutrisinya yang utuh dengan memakannya secara langsung. Selain itu, ada juga dengan membuat jus. Jus pepaya mengandung lebih banyak air dibanding memakan buahnya secara langsung. Hal ini lebih cepat meredakan sembelit dan membentuk papain yang lebih pekat. Selain itu, mengonsumsi pepaya dengan cara diblender membuat kandungan serat yang tidak larut tetap dapat kita rasakan manfaatnya.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *