oleh

Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Penjelasannya

SMJTimes.com – Sejumlah orang mengeluh mengantuk setelah makan hingga membuat konsentrasi buyar. Pada dasarnya, kondisi ini wajar terjadi sebagai bagian dari pola pencernaan dan siklus tidur.

Setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk bertahan hidup. Energi diperoleh dari asupan yang masuk saat ini menyantap makanan.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Makanan dipecah menjadi bahan bakar atau glukosa oleh sistem pencernaan. Makronutrien seperti protein kemudian memberikan energi untuk tubuh.

Selain itu, siklus yang terjadi pada pencernaan juga bisa meningkatkan produksi hormon tetentu. Misalnya, hormon kolesistokinin lukagon, dan amilin dilepaskan untuk meningkatkan rasa kenyang.

Baca juga: Waspada Modus Penipuan Shopee Pay, Jangan Bocorkan Kode OTP

Hormon-hormon tersebut juga memungkinkan kenaikan gula darah dan produksi insulin untuk memungkinkan penyaluran energi ke sel. Menariknya, tubuh juga menghasilkan hormon serotonin yang bisa memicu kantuk ketika kadarnya meningkat di otak.

Saat proses mencerna makanan, tubuh juga melepaskan hormon melatonin yang bisa menyebabkan rasa kantuk. Namun, produksi hormon melatonin dipengaruhi oleh apa yang kita makan.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Perhatikan Ketentuan SNI Masker

Selain bagian dari siklus pencernaan, beberapa jenis makanan tertentu juga bisa memicu rasa kantuk. Banyak riset membuktikan orang merasa mengantuk usai makan karena tubuh memproduksi banyak hormon serotonin.

Serotonin adalah zat kimia yang berperan dalam mengatur suasana hati dan siklus tidur. Peningkatan serotonin ini bisa terjadi ketika kita mengonumsi Asam amino yang disebut triptofan. Sedangkan karbohidrat membantu tubuh menyerap triptofan. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan kaya triptofan dan karbohidrat bisa memicu rasa kantuk.

Baca juga: Resep Pempek Nasi, Sulap Nasi Sisa Menjadi Sajian Nikmat nan Unik

Selain itu, makan dalam porsi besar juga bisa memicu rasa kantuk karena menyebabkan kenaikkan gula darah. Naiknya gula darah juga bisa menyebabkan energi menurun. Kondisi inilah yang bisa membuat kita mudah mengantuk.

Mengantuk usai makan bisa saja menganggu aktivitas harian kita, terutama rasa kantuk yang datang usai makan siang. Mengantuk di siang hari tentu bisa membuat aktivitas terhambat, khususnya bagi mereka yang harus bekerja.

Baca juga: Waspada Penyakit Tumor Otak, Kenali Gejalanya

Untuk mencegah hal ini terjadi, kita bisa melakukan tips berikut:

  1. Makan dalam porsi kecil dan sering

Daripada makan dalam porsi besar, sebaiknya kita makan dalam porsi kecil ssetiap beberapa jam untuk menjaga tingkat energi. Sepotong buah atau segenggam kacang sudah cukup untuk meningkatkan energi kita.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup di malam hari akan membuat kitamerasa lebih berenergi saat bangun. Itu sebabnya,ornag yang cukup tidur jarang merasakan kantuk di siang hari.

  1. Lakukan olahraga ringan

Berolahraga ringan di siang hari, terutama setelah makan, dapat membantu mengurangi rasa lelah.

  1. Hindari minum alkohol saat makan

Alkohol bisa membuat orang merasa lebih lelah yang memicu rasa kantuk.

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengapa Banyak Orang Mengantuk Usai Makan?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *