oleh

Perpusda Kudus Beri Fasilitas Ramah Disabilitas

Kudus, Smjtimes.com – Tak hanya memberikan pelayanan secara umum, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus juga ramah bagi masyarakat dengan kebutuhan khusus. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas pelayanan yang disediakan.

Kasubag Umum Kepegawaian Perpusda, Sugiyanto, mengatakan saat ini sudah ada 3 fasilitas komputer yang bisa diakses bagi penyandang tuna netra. Sedangkan sejumlah komputer lainnya sedang dalam proses penginstalan fitur-fitur yang bisa mendukung para penyandang tuna netra.

“Sepanjang kita bisa mencukupi, bisa memenuhi, ya bisa kita penuhi.  Masalahnya untuk komputer, nyuwun sewu ya mbak, karena aplikasinya itu mahal dan tidak semua orang punya. Jadi kemarin kita itu sudah adanya komunikasi dengan istilahnya provinsi yang mengelola panti-panti itu disitu,” jelasnya.

Baca juga: Ganjar Siapkan Dana 1 Triliun untuk Program Sekolah Gratis Tahun 2020

Selain komputer, Perpusda Kudus juga memiliki koleksi beberapa buku dan Alquran braille yang bisa di gunakan untuk penyandang tuna netra.

“Siapun yang datang ke kita, kita layani. Tidak harus dari komunitas, tidak harus dari panti, monggo kita welcome,” ungkapnya.

Dalam memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas, Perpusda bekerjasama dengan sejumlah komunitas dan panti tuna netra.

Baca juga: Melalui Diklat Kepemimpinan, ASN Dituntut Menjadi Visioner, Kreatif, dan Inovatif

Sugiyanto menyebutkan jika pihak perpus bersedia melakukan penjemputan jika masyarakat dengan kebutuhan khusus terkendala transportasi untuk mengakses layanan perpustakaan.

“Kita fasilitasi, monggo, kalau masalahnya jenengan ada di transportasi merasa kesulitan nanti kumpul dimana kita siap jemput,” imbuhnya.

Melalui fasilitas-fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas inilah perpusda mengajak masyarakat untuk tidak saling mendiskriminasi.

“Kita juga sampaikan ayolah kita bersama-sama, istilahnya, jangan ada diskriminasi. Mari semua kita layani, ” pungkasnya. (*)

Baca juga: Sambut New Normal Bupati Edarkan Surat Penyelenggaraan Pendidikan di Ponpes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *