oleh

Pengunjung Menurun, Perpusda Pati Tutup Selama PPKM

Pati, SMJTimes.com – Pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Pati mengalami penurunan yang sangat drastis pada masa pagebluk Covid-19.

Kasi Pelestarian dan Pengelolaan Bahan Pustaka Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati, Sigiri mengatakan penurunan pengunjung ini hingga mencapai 80 persen dari hari-hari biasa.

Menurutnya penurunan ini disebabkan lantaran adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“(Penurunan) sangat mas, secara otomatis itu. Karena kita aja WFH. Penurunannya 80 persen. Karena ada pembatasan,” ujarnya, Rabu (28/7/2021) kemarin.

Pada masa PPKM Darurat hingga PPKM level 4 ini, lanjutnya, perpustakaan daerah ditutup. Pelayanan perpustakaan ia alihkan lewat aplikasi e-Pati Pintar. Di aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan peminjaman buku yang dicarinya.

Baca Juga :   Bantuan Masker dan Vitamin Tiba di Pati Pekan Ini

“Masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi Pati Pintar yang bisa di-download di play store. Di sana juga ada banyak buku kok,” katanya.

Ia mengungkapkan, aplikasi tersebut di-launching pada masa pandemi ini. Tepatnya di bulan Januari tahun 2021. Namun, sampai sejauh ini pengunjung aplikasi tersebut belum begitu banyak.

“Kalau pengunjung e-book 10 sampai 20 orang,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, bahwa sebelum masa PPKM ini pihaknya pun hanya melayani pelayanan yang urgent saja. Selain itu, masyarakat juga tidak diperkenankan untuk membaca buku di tempat.

“Kalau memang ada pengunjung kita ada skala prioritas dia butuh bacaan kita persilahkan untuk mencari. Tapi tidak diperkenankan untuk baca di tempat,” ungkapnya. (*)

Baca Juga :   Vaksinasi Tahap II, Pati Kantongi Seribu Vial Vaksin

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pengunjung Perpusda Pati Turun Hingga 80 Persen di Masa Pandemi”

Komentar

News Feed