oleh

Belum Ada Keputusan Pemberangkatan TKI Hingga Kini

Pati, Smjtimes.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati mengungkapkan, hingga saat ini, Pemerintah Republik Indonesia belum memutuskan membuka pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang lebih dikenal Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Kalau untuk pemberangkatan itu belum. Saat ini Pemerintah Pusat belum membuka. Kebijakan penghentian sementara penempatan Pekerja Migran Indonesia pada tanggal 20 Maret 2020 lalu melalui Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 151 Tahun 2020 yang hingga kini masih berlaku,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) Disnaker Kabupaten Pati Sri Mulyanto pada Senin (29/6/2020).

Hal ini sesuai Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah tanggal 9 Juni 2020 yang berkaitan dengan pelayanan PMI, diinfokan di masa pandemi Covid-19 seluruh P3MI maupun Kantor Cabang P3MI yang berada di Jawa Tengah untuk tidak melakukan kegiatan.

Baik pendaftaran, seleksi, pelatihan maupun fasilitasi penempatan PMI hingga ada petunjuk lebih lanjut dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca juga : Ditertibkan, Pengunjung dan Pedagang Pasar Sido Makmur Blora Wajib Pakai Masker

Selain itu, lanjut Sri Mulyanto, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang bertugas sebagai pelaksana kebijakan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri juga belum memberikan surat kepada pihaknya untuk membuka pemberangkatan TKI.

“Kalau belum buka P3MI atau Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (dulu lebih dikenal PJTKI) melakukan perekrutan kan kasihan. Maka dari itu kami nunggu kasihan dari pusat,” beber Sri Mulyanto.

Disnaker sendiri, katanya, juga mempunyai tugas untuk melindungi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau calon TKI. Perlindungan ini berupa memastikan CPMI yang sudah direkrut untuk segera diberangkatkan.

“Jangan sampai mereka sudah keluar biaya dan telah lengkap persyaratannya ndak jadi berangkat. Kalau dari P3MI sudah melakukan perekrutan tapi Pemerintah Pusat belum membuka kan kasihan CPMI,” tandasnya.

Maka dari itu, saat ini perekrutan CPMI di P3MI masih belum ada pembukaan. Hal ini demi menghindari belum pastinya pemberangkatan.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono, mengindikasikan akhir bulan Juni PMI diberangkatkan kembali.

“Ini ada tanda-tanda. harapannya bulan Juni akhir ini sudah dibuka lagi untuk yang tujuannya ke Hongkong dan Taiwan,” ujar Endro pada Rabu (3/6/2020). (*)

Baca juga : 

 

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *