oleh

Refocusing Anggaran, Disnaker Pati Dapat Dana APBN untuk Kegiatan BLK 

Pati, Smjtimes.com – Anggaran Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pati yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Pati dilakukan refocusing untuk penanggulangan virus corona.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Pati, Tri Hariyama, mengatakan sebanyak Rp700 juta anggaran dari BLK yang dibuat untuk refocusing. Hal ini mengakibatkan pihaknya tidak menggelar BLK di masa pandemi Covid-19 dari anggaran APBD

“APBD sudah tidak ada sama sekali. Anggarannya dulu yang di-refocusing sekitar Rp700 jutaan,” ujar Tri Hariyama saat ditemui di kantornya, Selasa (21/7/2020).

Rencananya, pihaknya menyelenggarakan pelatihan sebanyak 9 paket pelatihan. “Pelatihannya sesuai yang diinginkan masyarakat dan kebutuhan perusahaan di Kabupaten Pati. Misalnya menjahit, bengkel otomotif dan lain sebagainya,” lanjut Tri Hariyama.

Baca juga; Disnaker Pati Mencatat Ada 138 Karyawan yang Telah Dirumahkan

Namun, karena di pertengahan bulan Maret ada kebijakan dari pemerintah pusat untuk melakukan refocusing anggaran, pihaknya baru dapat melaksanakan pelatihan separuh.

“Sudah ada pelatihan sekitar separo, ada pandemi kita lakukan refocusing. Januari, Februari. Maret itu kan mulai ada pandemi di pertengahan itu, sehingga katakanlah pembukaannya Februari atau Maret awal tapi kan berjalan. Sehingga pada waktu itu meski sudah pandemi pelatihan pun sudah dimulai dengan protokol kesehatan,” tutur Tri Hariyama.

Saat ini pihaknya sudah tidak mempunyai anggaran untuk BLK. Namun, pihaknya diberikan anggaran dari APBN untuk melakukan pelatihan di masa pandemi ini. “Ada 6 paket. Karena dana dari pusat ya kami melaksanakan, tapi kalau untuk anggarannya semuanya belum tahu karena dana dari APBN,” ungkapnya.

Pelatihan ini sudah dimulai pada pekan ini di BLK Kabupaten. Pelatihan ini di antaranya menjahit masker, keahlian komputer, otomotif dan lain sebagainya. (*)

Baca juga: Permohonan Kartu Kuning Disnaker Pati Mencapai 70 Pemohon per Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *