oleh

Permohonan Kartu Kuning Disnaker Pati Mencapai 70 Pemohon per Hari

Pati, Smjtimes.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati mengungkapkan permohonan kartu kuning mengalami peningkatan dalam kurun satu bulan ini atau menjelang new normal. Hal ini dikarenakan Disnaker mempunyai sistem baru dalam pelayanan permohonan kartu kuning atau AK1.

Sebelum pandemi Covid-19, permohonan kartu tanda pencari kerja ini melalui manual atau datang langsung ke Kantor Disnaker Kabupaten Pati. Namun, selama pandemi Covid-19 ini, pencari kerja cukup menggunakan aplikasi atau website kemnaker.go.id

“Permohonan AK1 di hari-hari biasa bisa mencapai 60 hingga 70an, lulus kan banyak,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (Kabid PPTKI) Disnaker Kabupaten Pati, Sri Mulyanto saat ditemui di kantornya, pekan lalu.

Baca juga: Disnaker Pati Mencatat Ada 138 Karyawan yang Telah Dirumahkan

“Sekarang AK1 mulai tanggal 8 Juni sudah dibuka online dengan mengunakan aplikasi yang berbeda. Dulu menggunakan ‘ayokitakerja’ dan sekarang ‘kemnaker’. Tapi intinya tetap sama di dalam pelayan online. Setiap hari bisa sampai 100-an pemohon,” lanjut Mul, sapaan akrabnya.

Meskipun menggunakan sistem online, pemohon harus ke Kantor Disnaker untuk mencetak kartu kuning. Ia pun menggunakan aplikasi pesan singkat WhatApp agar komunikasi dengan pemohon dapat berjalan dengan baik.

“Biar bisa ndak jubel di sini kita juga melakukan WA. Karena tidak bisa dilakukan secara langsung bisa jadi. Nanti kita bisa komunikasi lewat WA,” tuturnya.

Ia menjamin apabila tidak ada kendala, tidak membutuhkan waktu lama dalam mencetak kartu yang biasanya menjadi salah satu persyaratan melamar kerja ini. “Warga nanti mengambil nomor antrean, terus cetak kartu hanya kurang lebih 5 sampai 7 menit selesai,” pungkasnya. (*)

Baca juga; Perubahan Peraturan Presiden Tentang Jaminan Kesehatan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *