oleh

Ditertibkan, Pengunjung dan Pedagang Pasar Sido Makmur Blora Wajib Pakai Masker

Blora, Smjtimes.com – Area pasar rakyat Sido Makmur Blora kembali ditertibkan, Kamis (18/6/2020). Penertiban dilakukan setelah diketahui ada sejumlah warga yang terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil tes swab oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Dengan penertiban ini Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) pengunjung dan pedagang di pasar rakyat Sido Makmur diwajibkan cuci tangan dan memakai masker serta jaga jarak.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pasar Dindagkop UKM Blora, Juanis mengimbau warga untuk lebih disiplin dan taat pada aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah khususnya ketika berkunjung ke pasar.

“Biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir di tempat yang sudah disediakan, jaga jarak, dan yang tidak kalah penting pakai masker,” tandasnya.

Baca juga: Deteksi Dini Penyebaran Covid-19, Pemkab Blora Gelar Rapid Test Massal 

Selain itu, lanjutnya, alur keluar masuk pasar diterapkan satu pintu sehingga lebih tertib. Begitu akan masuk para pengunjung maupun pedagang sudah disediakan tangki dan wadah lainnya berisi air untuk cuci tangan.

Bahkan di gapura masuk pasar juga telah dipasang banner berisi tulisan ‘Kawasan Wajib Pakai Masker, Bagi Yang Tidak Memakai Masker Dilarang Masuk oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Blora’.

“Harus cuci tangan sebelum masuk pasar dan pakai masker,” ucapnya.

Penertiban juga dipantau langsung oleh Camat Blora, Dasiran, dan unsur Forkopimcam Blora lainnya.

Camat Blora mengatakan penertiban harus dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar mereka memahami bahaya virus corona, cara penyebarannya dan cara pencegahannya.

“Tidak bosan-bosan kita sampaikan itu, walaupun masyarakat seakan tidak peduli dengan keadaan saat ini,” ucapnya.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni telah sering membagikan masker di pasar, tetapi pada kenyataannya banyak yang tidak mau pakai. “Kami mohon dukungan semua masyarakat,” tandasnya. (*)

Baca juga: Sidak ke Pasar Mangkang, Ganjar: Kalau Ngeyel Tak Tutup Lagi

 

Artikel ini telah tayang di Blorakab.go.id dengan judul ‘Pengujung Pasar Sido Makmur Harus Cuci Tangan dan Wajib Pakai Masker‘.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *