oleh

Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut

SMJTimes.com – Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah nirmal.

Namun, terkadang penyebab hipotensi tidak hanya sesederhana belum makan saja, melainkan juga ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan tekanan darah menurun.

Melansir Mayo Clinic, beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tekanan darah terendah diantaranya, kehamilan, masalah jantung, mesalah endokrin, dehidras, kehilangan darah, infeksi berat, anafilaksis, dan kekurangan nutrisi dalam diet.

Makanan untuk penderita tekanan darah rendah Terdapat beberapa makanan yang umumnya cocok dikonsumsi penderita tekanan darah rendah, antara lain:

  1. Makanan asin

Makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah. Penderita tekanan darah rendah dapat makan sup, ikan teri untuk lauk, atau kacang asin sebagai camilan.

Baca Juga :   10 Kuliner Khas Pati yang Manjakan Lidah

Garam atau natrium memengaruhi hormon yang mengontrol keseimbangan air di dalam tubuh. Konsumsi asupan garam dapat meningkatkan tekanan darah.

  1. Makanan tinggi vitamin B12 dan folat

Seperti disinggung di atas, kekurangan vitamin B12 dan folat dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Untuk itu, penderita tekanan darah rendah disarankan makan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 seperti daging, telur, ikan, susu, keju, yogurt, dll. Selain itu, konsumsi juga makanan yang banyak mengandung folat seperti sayuran berdaun hijau, brokoli, telur, bit, buah jeruk, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hati.

  1. Makanan yang banyak mengandung cairan

Penderita tekanan darah rendah perlu minum banyak cairan, terutama para kalangan lansia yang tekanan darahnya rentan rendah. Untuk membantu kecukupan cairan di dalam tubuh, minum setidaknya delapan gelas air putih per hari.

Baca Juga :   Perawatan Alami untuk Memperbaiki Kondisi Kulit Kering

Selain itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah pir, melon, jeruk, semangka, timun, dll.

  1. Makanan dan minuman berkafein

Penderita tekanan darah rendah juga boleh mengondung kafein seperti cokelat, teh, kopi, dll. Tapi ingat, pertimbangkan juga asupan gula jangan sampai berlebihan ketika mengonsumsi makanan atau minuman berkafein.

Melansir Healthline, selain mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah di atas, penderita sebaiknya juga mengatur pola makannya. Hindari makan dengan porsi besar, minum alkohol, serta segera beranjak dan olahraga setelah makan. (*)

Komentar

News Feed