oleh

Suasana Hati Buruk? Konsumsi Makanan Ini!

SMJTimes.comSuasana hati buruk sering kali membuat aktivitas terganggu. Mood buruk dapat mengurangi konsentrasi dan fokus kita saat melakukan suatu pekerjaan. Maka dari itu, kita perlu memperbaiki suasana hati agar pekerjaan kita lancar tanpa gangguan. Salah satu upaya untuk memperbaiki mood adalah makan makanan tertentu yang mengandung senyawa untuk merelaksasi pikiran dan meningkatkan kinerja otak kita.

Dilansir dari Tempo.co, menurut Reuben Chen, seorang dokter manajemen spesialis nyeri, makanan yang mengandung protein tinggi dikemas dengan nutrisi penambah otak dan suasana hati untuk meningkatkan semangat. Makanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

Makanan Mengandung Vitamin D

Kandungan vitamin D dapat anda temukan pada salmon, telur, tuna, yogurt, sereal dan jamur. Vitamin D berfungsi untuk mengelola emosi dan mengurangi depresi. Kekurangan vitamin D dapat mengurangi produktivitas organ reproduksi, mental dan tulang, serta melemahkan kekebalan tubuh.

Baca Juga :   Rekomendasi Kuliner Khas Pati, Wajib Dicoba

Makanan Tinggi Omega 3

Protein yang mengandung lemak sehat dan omega 3 disebut sebagai makanan yang baik bagi otak. Kandungan ini dapat ditemukan di makanan seperti kacang-kacangan, ikan, almond, alpukat, dan ikan teri. Makanan tinggi omega 3 dapat mengurangi rasa depresi dan meningkatkan hormon Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang mengurangi risiko penuaan otak.

Makanan Mengandung Magnesium

Magnesium berfungsi memperbaiki kualitas tidur sehingga membuat tubuh anda semakin rileks. Kualitas tidur sangat mempengaruhi suasana hati. Semakin baik kualitas tidur seseorang, maka semakin baik pula produktivitasnya sehingga suasana hati dapat terkontrol dengan baik. Maka, konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium seperti bayam, oatmeal, dan beras merah.

Baca Juga :   Sambangi Pati, Berikut Oleh-Oleh yang Tak Boleh Terlewat

Makanan Mengandung Zinc

Zinc berfungsi sebagai pengatur komunikasi antar saraf. Mengonsumsi makanan yang tinggi zinc akan memperbaiki fungsi otak sehingga kinerja otak meningkat, memperbaiki daya ingat dan kemampuan berpikir. Selain itu, kinerja otak yang baik akan mengurangi kecemasan dan depresi. Untuk meningkatkan kesehatan otak dan memperbaiki mood, anda bisa mengonsumsi makanan seperti daging dan kacang-kacangan.

Komentar