oleh

Menghidupkan Malam Iduladha, Berikut Amalan yang Diajarkan Rasulullah

SMJTimes.com – Menjelang Iduladha yang berlangsung besok, Selasa (20/7/2021) umat Islam melakukan sejumlah amalan-amalan untuk menyambut datangnya hari raya kurban.

Tahun ini perayaan Iduladha masih di tengah-tengah pandemi Covid-19. Peringatan Iduladha pun diminta untuk dilangsungkan di rumah masing-masing, mulai dari salat hingga penyelenggaraan kurban.

Iduladha yang jatuh pada bulan Dzulhijjah merupakan momen istimewa yang penuh dengan makna bagi umat muslim. Sejumlah amalan pun dianjurkan di bulan yang penuh keberkahan ini.

Begitu juga di malam menjelang perayaan Iduladha. Umat muslim biasa mengumandangkan takbir di malam Iduladha. Kegiatan ini biasa dilakukan di masjid, musala,, ataupun di rumah masing-masing.

Berikut ini amalan-amalan guna menghidupkan malam Iduladha.

  1. Memperbanyak bacaan takbir

Pada malam Hari Raya Iduladha, seluruh umat Islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di setiap masjid, musala, dan rumah-rumah.

Baca Juga :   Pada 6 Juni 1901 Putra Sang Fajar Lahir, Berikut Rekam Jejaknya

Dikumandangkannya takbir dimulai sejak terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk khutbah pada saat shalat Iduladha dan berakhir pada hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah.

Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, umat manusia dianjurkan untuk memuliakan, mengangungkan, dan menghidupkan nama Allah SWT.

Komentar