oleh

Dispertan Siapkan Juru Potong Hewan Kurban Menjelang Iduladha

Pati, SMJTimes.com – Jelang perayaan hari raya Iduladha 1442 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati melalui UPTD Puskeswan melakukan serangkaian persiapan. Diantaranya memantau kondisi pasar hewan dan tempat pemotongan hewan untuk memastikan ketersediaan hewan kurban.

Nurcahyo selaku Koordinator UPTD Puskeswan juga telah menyiapkan kader juru sembelih halal resmi binaan Dispertan dari seluruh kecamatan yang ada di Pati untuk memberi jaminan kehalalan terhadap hewan yang disembelih.

“SDM penyembelih sudah kita siapkan, sebelumnya kami sering memberangkatkan juru sembelih halal untuk para modin ke provinsi Jawa Tengah ke Dinas Peternakan Provinsi. Tahun ini sudah cukup. Untuk menjamin orang memotong tahu yang halal,” kata Nurcahyo saat ditemui di Kantor UPTD Puskeswan Pati.

Baca Juga :   Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

“Kriteria menyembelih yang halal dan baik itu pisau harus tajam, menyembelih menghadap ke kiblat, memotong 3 lubang napas, makan, dan udara. Memotong tidak boleh membanting, kesejahteraan hewan juga harus terjaga, yang menguliti harus dipastikan sehat badannya,” terangnya.

UPTD Puskeswan melalui petugas di lapangan juga telah melakukan koordinasi dengan peternak lokal baik perorangan maupun kelompok dan memeriksa kesehatan hewannya. Pemeriksaan dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi adanya tindak kecurangan oleh oknum saat memperjualbelikan hewan ternaknya.

Mengingat wabah pandemi di Pati kian memprihatinkan, bersama Pemkab Pati, Dispertan ikut merancang tata cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada hari raya Iduladha 1441 Hijriyah.

“Nanti aturannya datang sehat pakai masker, cuci tangan, tidak berkerumun, memotong sedikit demi sedikit tidak semua dipotong dalam satu tempat. Tahun ini tetap akan diatur tata caranya. Edarannya mungkin tidak jauh dengan yang kemarin,” urai Nurcahyo. (*)

Baca Juga :   Regenerasi Petani Muda, BPP Jakenan Bentuk Petani Milenial

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Jelang Iduladha, UPTD Puskeswan Pantau Pasar Hewan hingga Siapkan Juru Sembelih Halal”

Komentar

News Feed