oleh

Kapasitas Tempat Tidur Pasien Covid-19 RSUD Sultan Fatah Demak Penuh

Demak, SMJTimes.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Demak belum melandai, Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Fatah Karangawen penuh.

Kepala Bidang Pemasaran dan Rekam Medis RSUD Sultan Fatah Karangawen mengungkapkan bahwa dua lantai ruangan Covid-19 dipenuhi pasien.

“BOR untuk Covid-19 hari ini, ruang Covid-19 kita ada 2 lantai, itu penuh. Jadi di ruang edelweis yang isinya 21 penuh. Kemudian ruang satunya juga penuh,” ungkap Nugroho Aris Kusuma pada Senin (12/7/2021).

RSUD Sultan Fatah Karangawen memiliki kapasitas 100 tempat tidur. Jumlah tempat tidur tersebut kelas VIP dan kelas satu yang diubah menjadi ruang isolasi Covid-19. Ia menjelaskan isolasi Covid-19 yang tadi hanya 11, 13, dan terakhir 33 kamar tidur.

Baca Juga :   BOR RSUD Pati Capai 100 Persen

“Jadi, semua kebijakan dari Gubernur kita tindak lanjuti. Tempat tidur kelas VIP dan kelas satu kita jadikan isolasi covid,” ujarnya.

Bahkan, RSUD Sultan Fatah punya inden ruang di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Jadi ada pasien di IGD yang menunggu antrian untuk masuk ke ruang isolasi Covid-19, hari ini ada 6 pasien. Mereka belum bisa masuk karena ruangannya penuh. Kalau ada pasien yang keluar baru mereka biasa masuk,” katanya.

Sementara ini, ruangan di IGD yang akhirnya jadi ruang isolasi indenan. “Menumpuk, soalnya masih penuh,” jelasnya.

Rata-rata perhari ruangan untuk Covid-19 selalu penuh. Sementara ruangan yang lain diisi oleh ruangan umum untuk BPJS, pasien umum, dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Baca Juga :   Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus PKK

“Kalau ruangan umum rata-rata antara 50-60%. Tapi ruangan untuk Covid-19, BOR-nya mencapai 100% bahkan lebih soalnya ada yang antre masuk,” ucapnya.

Ia menambahkan, semua pasien Covid-19 diterima, baik dari Demak, Semarang, Jepara selama masih ada tempat.

“Prinsip kami tidak boleh memandang itu pasien Demak atau tidak. Kita lihat dari urgensinya,”

Ruang Covid-19 sendiri ada syarat-syarat tertentu, tidak bisa ruangan biasa saja. “Harus ada perawatan khusus, ruang tekanan negatif juga harus ada,”(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “RSUD Sultan Fatah Demak Overload, 6 pasien Covid-19 Antre di IGD”

Komentar

News Feed