oleh

Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kecil Menurun Akibat Cuaca Tak Menentu

Pati, SMJTimes.com – Cuaca yang tak menentu membuat hasil tangkapan nelayan kecil di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah menurun. Beberapa nelayan bahkan libur melaut untuk menghemat biaya operasional.

Hal ini diungkapkan oleh Syafii, Penyuluh Perikanan wilayah Juwana pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati. Menurutnya kondisi ini mempengaruhi pendapatan harian para nelayan kecil.

“Sebetulnya ini siklus tahunan. Ini peralihan harusnya sudah angin timur. Tapi ini angin barat masih ada sehingga masih hujan. Sehingga hasil tangkapan sedikit. Karena sepi itu banyak yang tidak melaut,” ungkap Syafii saat dihubungi, Senin (12/7/2021).

Syafii menceritakan, para nelayan Desa Kedungpancing, Juwana dalam kondisi musim kemarau biasa bisa mendapat tangkapan ikan kembung dan ikan dero sekitar ratusan kilo perhari per kapal.

Baca Juga :   Penggali Kubur Almarhum Imam Suroso Sehat, Endro Sampaikan Terima Kasih

“Sekarang satu hari dero cuma 20-30 kilo, kembung sedikit lagi,” imbuh Syafii.

Begitupun dengan nelayan kepiting dan rajungan di Desa Bumirejo, bila dalam sehari para nelayan bisa mendapat 5 hingga 20 kilo, saat cuaca seperti ini menurutnya dapat sekilo saja sudah banyak.

Terkait PPKM Darurat, Syafii mengaku tak mempengaruhi kinerja dari para nelayan kecil. Meski operasional pasar dibatasi, harga komoditas ikan tangkapan nelayan kecil masih stabil.

“Di Bumirejo misal rajungan dan kepiting. Meski tangkapan juga berkurang tapi harga stabil. Rajungan harganya masih Rp110 ribu perkilo. Kepiting super isi tiga masih Rp90 ribu. Kepiting biasa isi enam masih Rp50 ribu. Tidak ada kendala di pemasaran, kalau kepiting rajungan ekspor ke pabrik juga masih lancar,” kata Syafii.

Baca Juga :   Berikut Titik Macet dan Rawan Kecelakaan di Jalan Tol Batang-Semarang

Nelayan kecil Juwana juga tak terkendala saat mengakses solar Meski beberapa kota menerapkan penyekatan di jalan-jalan utama.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Cuaca Tak Menentu Pengaruhi Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kecil Juwana”

Komentar

News Feed