Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kecil Menurun Akibat Cuaca Tak Menentu

Pati, SMJTimes.com – Cuaca yang tak menentu membuat hasil tangkapan nelayan kecil di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah menurun. Beberapa nelayan bahkan libur melaut untuk menghemat biaya operasional.

Hal ini diungkapkan oleh Syafii, Penyuluh Perikanan wilayah Juwana pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati. Menurutnya kondisi ini mempengaruhi pendapatan harian para nelayan kecil.

“Sebetulnya ini siklus tahunan. Ini peralihan harusnya sudah angin timur. Tapi ini angin barat masih ada sehingga masih hujan. Sehingga hasil tangkapan sedikit. Karena sepi itu banyak yang tidak melaut,” ungkap Syafii saat dihubungi, Senin (12/7/2021).

Syafii menceritakan, para nelayan Desa Kedungpancing, Juwana dalam kondisi musim kemarau biasa bisa mendapat tangkapan ikan kembung dan ikan dero sekitar ratusan kilo perhari per kapal.

Baca Juga :   Ödənişlər və Oynamaq Haqqında Real Oyunçulardan Kazino Rəyləri 2022

“Sekarang satu hari dero cuma 20-30 kilo, kembung sedikit lagi,” imbuh Syafii.

Begitupun dengan nelayan kepiting dan rajungan di Desa Bumirejo, bila dalam sehari para nelayan bisa mendapat 5 hingga 20 kilo, saat cuaca seperti ini menurutnya dapat sekilo saja sudah banyak.

Komentar