oleh

Pembongkaran Pertokoan di Alun-Alun Lasem Ditargetkan Rampung Sebelum Iduladha

Rembang, SMJTimes.com – Setelah melalui tahap pengosongan, kompleks pertokoan alun-alun Lasem saat ini sudah memasuki tahap pembongkaran. Progres pembongkaran tersebut kini sudah memasuki perataan dinding bangunan bekas kios-kios di lokasi tersebut.

Fakhruddin selaku Ketua Pelaksanaan Pembongkaran atau Ketua Persiapan Pembangunan Lasem Kota Pusaka mengatakan, pembongkaran saat ini sudah mencapai 50 persen. Adapun pembongkaran tidak hanya menyasar area alun-alun Lasem saja. Bangunan yang berada di belakang masjid atau bekas minimarket nanti pun juga akan turut dibongkar.

“Untuk target selesai pembongkaran, komitmen dari Pak Bupati bersama kementerian PUPR itu tanggal 20 Juli sudah selesai. Sudah rata begitu. Jadi nanti pihak yang mengerjakan sudah bisa melihat kondisi lokasi yang sesungguhnya, apakah sudah sesuai RAB atau belum,” jelasnya saat dimintai keterangan, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga :   Pencurian Traktor di Rembang Diringkus Polisi

Fakhruddin menambahkan, untuk hasil bongkaran dari pertokoan yang masih mempunyai nilai jual sementara waktu dikumpulkan di gudang milik PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ). Namun masih belum pasti aset-aset tersebut apakah dijual atau dilelang.

Menurutnya, pendayagunaan aset tersebut merupakan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dinindagkop UKM) Rembang.

“Tanggung jawab kami pengawasan dalam proses pembongkaran. Kalau soal aset secara teknis itu sudah ada di tangan Pemkab,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, rangkaian tahap pembongkaran alun-alun Lasem sendiri sudah dimulai sejak hari Kamis, (8/7/2021). Dimulai dengan penurunan atap.

Pada Jumat, (9/7/2021) dilakukan pengangkutan aset-aset berupa kayu, dan untuk hari-hari selanjutnya hingga Senin, (13/7/2022) sudah diturunkan alat berat untuk meratakan bangunan-bangunan yang terdapat di sana. Fakhruddin menegaskan, pihaknya benar-benar memastikan pembongkaran alun-alun Lasem bisa rampung sesuai target, yakni sebelum Iduladha. (*)

Baca Juga :   Dindikpora Rembang Imbau Sekolah Bersiap Sambut KBM Tatap Muka

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Progres Pembongkaran Alun-Alun Lasem Capai 50 Persen”

Komentar

News Feed