oleh

4 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

SMJTimes.com – Beberapa hari terakhir hujan mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini membuat tubuh gampang terserang penyakit.

Musim kemarau seharusnya sudah menyelimuti kawasan Indonesia. Namun, cuaca yang lebih dingin dan seringkali hujan memaksa tubuh untuk bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan.

Oleh karenanya, menjaga tubuh agar tetap sehat sangatlah penting agar tak tumbang di musim seperti ini. Pasalnya, untuk mengatasi serangan mikroorganisme yang membahayakan tubuh membutuhkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang kuat.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat, simak tips berikut ini.

  1. Menjaga pola makan sehat

Pola makan menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :   6 Tanda Obesitas, Mudah Lelah hingga Susah Tidur

Asupan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi karena pada keadaan kurang gizi, daya tahan tubuh akan menurun, menyebabkan kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Agar zat gizi tercukupi, kita harus memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan.

Lima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Lebih baik jika dalam satu kali makan kita bisa mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan. Pastikan kita makan secara teratur, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam, terutama sarapan.

  1. Olahraga

Olahraga juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Di musim penghujan tak memungkinkan untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca Juga :   Ternyata Ini Penyebab Tindihan Menurut Medis

Mudah saja, kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah.

Olahraga tak harus dilakukan di luar ruangan. Jika kondisi tak memungkinkan, seperti saat hujan turun, kita juga bisa berolahraga di rumah. Bahkan, olahraga yang sederhana sekalipun dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Latihan fisik selama 30 saja menit mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit).

  1. Menjaga kualitas tidur

Tidur sebagai momen untuk memulihkan kembali kondisi badan yang lelah setelah melakukan aktivitas sehari penuh.

Di tengah cuaca dingin musim hujan, kualitas tidur semakin penting untuk diperhatikan.

Jika kualitas tidur bagus, tubuh akan merasa segar dan bugar saat bangun.

  1. Mengelola stres

sangat penting untuk menjaga tubuh agar tak terserang berbagai penyakit. Tak terkecuali di musim hujan. Stres akan memberi dampak fisiologis, seperti gelisah, detak jantung meningkat, dan mudah letih.

Baca Juga :   Susah Tidur, Berikut Tips Mengatasinya

Relaksasi dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, dengan membiarkan tubuh menerima rangsangan baik berupa suara, bau, atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

Komentar

News Feed