oleh

Haryanto Risau Pasokan Oksigen Mulai Menipis

Pati, SMJTimes.com – Ketersediaan oksigen di sejumlah rumah sakit Kabupaten Pati mengalami penipisan dalam satu pekan terakhir. Hal ini membuat Bupati Pati, Haryanto was-was.

Haryanto pun meminta pemerintah pusat membantu pasokan oksigen. Menipisnya oksigen di Pati ini lantaran tingginya angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pati. Sebanyak 622 pasien, baik suspek maupun positif Covid-19, dirawat di sejumlah rumah sakit di Pati.

Selain itu, menipisnya pasokan oksigen ini juga dikarenakan pihak vendor yang bekerja sama dengan rumah sakit, sering telat mengirimkan pasokan oksigen.

“Baru satu minggu ini kami was-was dengan pasokan oksigen,” kepada awak media selepas menghadiri acara penyerahan bantuan warga yang isolasi mandiri di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (21/6/2021).

Baca Juga :   Sosialisasikan PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Winong Sidak Sejumlah Tempat

Pasokan oksigen masih diisi oleh pihak vendor. Namun, hal itu tidak mengurangi rasa was-wasnya mengigat pentingnya oksigen untuk menangani pasien Covid-19.

“Sekalipun diisi tetapi agak was-was. Karena kebutuhan pasien Covid-19 itu dari oksigen. Kalau oksigennya terlambat kita jadi persoalan,” tutur Haryanto.

Ia mengaku sudah melayangkan surat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar pasokan oksigen di Kabupaten Pati tidak mengalami keterlambatan.

Ia juga meminta Kemenkes memberikan kesempatan kepada rumah sakit di Kabupaten Pati untuk bekerja sama dengan vendor lain. Bila pasokan oksigen mengalami keterlambatan, katanya, maka nyawa pasien menjadi taruhannya.

“Kalau ada rumah sakit yang bersama dengan vendor dan kebetulan vendor tidak bisa mencukupi maka ya diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan vendor lain. Karena ini sangat emergensi,” tuturnya

Baca Juga :   Dispermades Pati Minta Pemdes Buat Program Padat Karya

Haryanto pun berharap Kemenkes memperhatikan pasokan oksigen ini agar tidak terlambat kembali.

“Bahkan saya minta tolong ke Pak Gubernur kemarin, malam minggu juga saya minta tolong ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Alhamdulillah direspons dibantu dengan menghubungi (pihak vendor) tetapi kan ketersediaannya tidak cukup sehari, hanya dua hari,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Oksigen Menipis di Sejumlah Rumah Sakit, Bupati Pati: Saya Agak Was-Was”

Komentar

News Feed