oleh

Pastikan Keamanan Jelang Idul Fitri, Bupati Monitoring Sejumlah Posko Lebaran

Pati, smjtimes.com – Bupati Pati Haryanto bersama Forkopimda dan para pimpinan OPD memonitoring sejumlah posko lebaran, diantaranya di Batangan, Terminal Pati, di depan PT Dua Kelinci dan Halte Puri, Kamis malam (21/5/2020).

Haryanto mengatakan, monitoring dilakukan untuk memantau keamanan serta masyarakat yang pulang ke Pati.

“Barangkali ada yang pulang mudik, tapi ternyata setelah kami cek tidak ada dan Alhamdulillah situasi aman dan terkendali,” jelas Bupati.

Tidak hanya itu di kondisi pandemi saat ini, Bupati juga sudah melakukan sosialiasi kepada mayarakat terkait pencegahan dan penyebaran covid-19 sedini mungkin.

“Minimal memakai masker, menaati protokol kesehatan, jaga jarak dan menghindari kerumunan, itu bisa memutus mata rantai Covid-19,” jelasnya.

Menurut Bupati penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati cukup baik perkembangannya.

“Tadi juga ada dua PDP yang di RSUD Soewondo yang pulang dalam kondisi sehat, itu menunjukkan bahwa grafiknya cukup bagus,” imbuhnya.

Baca juga: Dewan Pati Harapkan WargaTetap Waspada dan Tidak Ada Pelonggaran Aturan Selama Pandemi Covid-19

Dengan zero kasus di Pati saat ini, Haryanto meminta agar kondisi yang sudah baik ini bisa dipertahankan dan bisa menjadi lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan masyarakat paham, jangan hanya mengejar kesenangan pribadi yang bisa berdampak kepada orang lain,” ujarnya.

Sementara terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri, Bupati telah melaksanakan rapat bersama Forkopimda, NU, Muhammadiyah dan FKUB yang disepakati bahwa sholat Id tahun bisa dilaksanakan di rumah.

“Kita merujuk pada fatwa MUI bahwasanya melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah itu diperbolehkan. Dan kalau misalnya harus melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid, maka harus menaati protokol kesehatan yaitu menyiapkan alat pendeteksi suhu, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak minimal 1,5 meter dan pakai masker. Kalau itu tidak ditaati mendingan sholat di rumah itu aturan dari MUI protapnya sudah ada,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Mahfud MD Tanggapi Kritik Perbedaan Sikap Penerapan PSBB di Masjid dan Mal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *