oleh

Puluhan Napi di Lapas Pati Dipindahkan

Pati, SMJTimes.com – Puluhan tahanan Lembaga Permasyarakan (Lapas) Kelas II B Pati dipindahkan ke beberapa Lapas luar daerah. Pemindahan tahanan ini lantaran kapasitas Lapas itu over atau melebihi kapasitas.

Total kapasitas Lapas itu seharusnya 197 Napi. Namun, saat ini mencapai 338 napi. Dari angka tersebut, kisaran 200 Napi dengan kasus Narkoba.

“Kalau sudah 350 akan kami pindahkan Napi itu. Agar tidak over kapasitas,” jelas Kalapas II B Pati, Febie Dwi Hartanto, saat ditemui belum lama ini.

Sejak awal tahun hingga saat ini sudah empat gelombang pemindahan tersebut. Meliputi, 11 Napi dipindah ke Laps II B Purwokerto (Januari), 10 Napi dipindah ke Lapas II A Sragen (Maret), dan 14 Napi dipindahkan ke Lapas II A Ambarawa.

Baca Juga :   Hari Natal Tahun Ini, Napi Lapas Pati Tak Bisa Dijenguk

Sedangkan untuk bulan ini, pihaknya belum merencanakan pemindahan tahanan lagi. Soalnya pemindahan ini rumit. Ada regulasinya.

Dia menyontohkan, pada pemindahan Napi di Ambarawa itu berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.01.01.02-106 tanggal 14 Maret 2021. Semua pemindahan ini ada regulasinya.

Tak hanya itu, pemindahan ini juga berdasarkan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Nomor W13.PK.01.01.02-674 tanggal 25 Maret 2021.

“Pemindahan tersebut sebagai antisipasi keamanan. Soalnya kami telah mendeteksi dini. Kalau diketahui bisa menimbulkan masalah. Tahanan tersebut akan dipindah. Agar dibina,” ungkapnya.

Terkait pemindahan ini, menurutnya, bisa memutus mata rantai kasus narkoba. Soalnya, di Lapas baru akan berproses mulai nol. Jadi bisa diminimalisasi penyebaran itu.

Baca Juga :   Sederet Persoalan Pencairan Bansos UMKM

“Napi itu mulai nol kan. Setiap pemindahan seperti itu. Nanti di Lapas yang baru mungkin akan dipindah lagi,” pungkasnya.

Narkoba ini masuk kategori bahaya laten. Maksudnya, bisa menjerat semua kalangan. “Mulai anak-anak, dewasa, orang tua, kaya, maupun miskin. Ini bisa terjerat. Di Pati sudah warning ini,” terangnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Kelebihan Kapasitas, Tahanan Lapas Pati Dipindahkan Berkala”

Komentar

News Feed