oleh

Dewan Dorong Evaluasi Pilkades 2021

Pati, SMJTimes.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengaku akan melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021.

“Semoga kekurangan-kekurangan yang terjadi di Pilkades kemarin membuat kami menjadikan bahan untuk evaluasi ke depan agar tidak terulang seperti kemarin,” ujar anggota Komisi A DPRD Kabupaten Pati, Warsiti, Selasa (13/4/2021) kemarin.

Pada pelaksanaan Pilkades yang digelar di 215 desa di Kabupaten Pati ditemukan terjadi kerumunan di beberapa tempat pemungutan suara (TPS). Masyarakat harus rela antre dan berdesak-desakan untuk menggunakan hak suaranya

Meskipun demikian, Warsiti menilai Pilkades yang berlangsung tanggal 10 April 2021 lalu itu berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca Juga :   Dewan Harap Benih Padi dari Pemerintah Berkualitas

Alhamdulillah bisa berjalan lancar, mas. Ya mungkin kalo ada berita dari satu-dua kejadian yang kurang mengenakkan paska Pilkades itu adalah hal biasa, masih tahap wajar,” kata politisi asal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini.

Berdasrakan pantauannya, pelaksanaan Pilkades Sudah disiapkan dengan matang. Apabila ada kerumuanan, menurutnya, hal itu lantaran antusiasme warga yang ingin menggunakan hak suaranya.

“Karena dari sekian desa yang kami pantau, bahkan bersama Bapak Bupati Pati beserta seluruh jajarannya, mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai aturan,” tuturnya.

“Namun bila ada yang melanggar dengan adanya pantauan pelanggar yang berjubel dalam pengantrian pencoblosan, itu di luar ekspektasi kami,” lanjutnya.

Baca Juga :   Kekerasan Seksual Bentuk Penyimpangan, Dewan Dukung Pengesahan RUU PKS

“Biasa mbok-mbok yang ingin meluapkan rasa pengen memberikan suara hatinya dalam memilih pimpinan dalam 6 tahun ke depan lebih kuat dibanding rasa takut adanya pandemi. Namun saya rasa masih dikoridor wajar kok, mas,” tandas Warsiti. (Adv)

 

Komentar

News Feed