oleh

Fraksi Gerindra DPRD Pati Soroti Penggunan Dana Cadangan Pilkada 2024

Pati, SMJTimes.com – Dewan Perwakilan Rakyak Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, melalui Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mempertanyakan efisiensi kegunaan dana cadangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pati pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan oleh Yeti Kristianti selaku perwakilan dari Fraksi Gerindra saat menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati Tahun 2024 yang sempat diparipurnakan pada beberapa waktu lalu.

Yeti juga memaparkan, Fraksi Gerindra menyikapi penjelasan Bupati Pati mengenai Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Menurutnya ada beberapa hal yang perlu disampaikan secara lebih terperinci. Di antaranya penyelenggaraan Pilkada membutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga perlu diperhitungkan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan riil.

Baca Juga :   DPRD Pati Ingin Perbaikan Jalur Pantura Pati-Rembang Segera Selesai

“Terdapat selisih yang cukup besar antara usulan yang diajukan oleh KPU dan Bawaslu dengan jumlah yang diusulkan dalam raperda. Mohon penjelasan apakah estimasi biaya tersebut sudah memadai sesuai dengan kebutuhan riil,” ucap Yeti.

Kemudian, dirinya juga menyatakan jika Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) bersamaaan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup), apakah akan mempengaruhi besaran anggaran yang harus disediakan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati.

Komentar