oleh

Stadion Joyokusumo Pati Lanjut Dibangun, Siapkan Rp15 Miliar

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) berencana melanjutkan pembangunan Stadion Joyokusumo pada 2021 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya DPUTR Kabupaten Pati, Arif Wahyudi mengatakan pembangunan Stadion Joyokusumo pada tahun ini dianggarkan sebesar Rp15 miliar.

Baca juga: Kantongi Wild Card, Cabor Tinju Pati Langsung Maju ke Porprov 2022

Anggaran itu akan digunakan untuk membangun lintasan atletik, pemasangan lampu penerangan, dan pembenahan fasilitas-fasilitas pendukung. Di antaranya ruang ganti atlet hingga toilet toilet.

“Tahun ini kami lakukan penataan-penataan untuk stadion ini,” ujar Arif, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Sejumlah Tempat di Pati Ditutup Malam Tahun Baru 2021

Pembenahan yang dilakukan DPUTR di antara penambahan tribun penonton dan pemasangan rumput sintetis. Sedangkan lampu stadion rencananya akan dipasang pada di empat titik .

Sementara itu, lintasan atletik akan dibangun enam lajur keliling. Adapun khusus untuk sprint akan dibangun dua lajur tambahan di depan tribun VIP. Sehingga, dalam lintasan sprint terdapat total delapan lajur 100 meter.

Baca juga: Eksekusi Program Jateng Tanpa Lubang, Masyarakat Bisa Melapor dengan Aplikasi Jalan Cantik

Lantai lintasan atletik ini menggunakan bahan karet (rubber) yang standarnya ditetapkan berdasarkan konsultasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pati.

Pembangunan ini sebagai upaya Pemkab Pati dalam menyiapkan pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2022 di mana Kabupaten Pati menjadi salah satu tuan rumah beserta kabupaten sekitar.

Baca juga: Juwana dan Tayu Penyumbang Sampah Liar Terbanyak di Pati

“Penambahan lampu penerangan dan lintasan atletik ini akan melengkapi fasilitas Stadion Joyokusumo yang akan menjadi salah satu venue Porprov Jawa Tengah 2022,” kata Arif.

Sebelumnya, lintasan atletik direncanakan dibangun pada tahun 2020 beserta dengan pembangunan rumput stadion dan lainnya. Namun, karena terkena refoccusing untuk penanganan pandemi Covid-19, pagu anggaran yang awalnya Rp20 miliar dipotong menjadi Rp5 miliar.

Baca juga: Mengenal Ratawi, Pencetak Atlet Cabor Atletik Pati

Pembangunan stadion kebanggan warga Kabupaten Pati ini dimulai pada 2019. DPUTR Kabupaten Pati berupaya melakukan pembenahan stadion sebagai pusat olahraga.(*)

Baca juga:

Reporter : Umar Hanafi

Komentar

News Feed