oleh

Mengenal Ratawi, Pencetak Atlet Cabor Atletik Pati

Pati, SMJTimes.com – Pegiat cabang olahraga (cabor) atletik dari Pati cukup diperhitungkan di tingkat provinsi Jawa Tengah maupun Nasional.

Dibuktikan pada Porprov 2018 lalu, cabor ini menyumbangkan 2 medali emas, 2 perak, dan 3 perunggu sehingga berkontribusi mengukuhkan Pati sebagai peringkat 7 di ajang bergengsi itu.

Baca juga : Kantongi Wild Card, Cabor Tinju Pati Langsung Maju ke Porprov 2022

Hal ini tak luput atas peran Ratawi, pelatih cabor atletik Komite Olah Raga Nasional (KONI) Pati, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pati.

Atas pengalamannya dulu menjadi atlet dan pelatih selama bertahun-tahun mengasah instingnya untuk menemukan bibit-bibit atlet cabor atletik berbakat.

Baca juga : Bersiap Pra Porprov 2021, 16 Atlet Cabor Atletik Gencar Latihan

Ratawi lahir di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, dan menekuni atletik sebagai atlet sejak di usia SMP.

“Saya orang desa, awalnya di Pucakwangi, saya ketika jadi atlet untuk mengikuti lomba tingkat kecamatan, karena dianggap bagus saya diajukan ke Kabupaten Popda (Pekan Olahraga Daerah) saya saat itu juara 1 juga,” kata Ratawi, Kamis (31/12/2020).

Baca juga : E-Sport Masih Berpeluang Dipertandingkan di Porprov

Setelah memenangkan Popda tersebut dirinya dilirik oleh kepala DPU saat itu untuk dijadikan atlet binaan, hingga ia mampu memenangkan Popda tingkat Provinsi dan Nasional.

“Saya dipanggil untuk latihan lari kelas 800 meter dan 1.500 meter saya juara Provinsi dan Nasional, terus kuliah di UNNES,” kenang Ratawi.

Baca juga : Bela Jateng di PON Papua 2020, Pati Bakal Kirim Atlet

Pada tahun 2000-an, Ratawi juga berkesempatan mengikuti Porprov 2001 di Semarang dengan memperoleh medali perak, dan Porprov 2004 di Solo yang juga menyumbang medali perak.

Hingga lulus kuliah, ia kembali ke Pati untuk mengajar menjadi guru olah raga di SMP N 01 Pati sampai sekarang.

Baca juga : Pemkab Tak Berencana Bangun Pusat Olahraga di Pati

Tak ingin hanya mengajar saja, ia juga memutuskan untuk mengambil sertifikat pelatih cabor atletik di Semarang dan Jakarta hingga akhirnya menjadi pelatih cabor atletik di KONI Pati hingga sekarang.

“Atlet binaan saya yang berprestasi seperti Widya Ayu, atlet lompat jauh dan lompat jangkir ketika saya latih ia masih SMA. Di O2SN Nasional di Makasar juara 1, PON Remaja juara 2, di Kejurnas juara 1.

Baca juga : Video : Tahun Ini, Rembang Nihil Dana Penanganan Abrasi

Heri di tingkat nasional dan provinsi juara 1, terus Yusuf di Kejurnas juara 2, O2SN juara 2, Adira O2SN juara 1, di Kejurnas juara 2, dan masih banyak lagi lah mas,” urai Ratawi.

Dalam Porprov 2022 mendatang, Ratawi akan mengeluarkan upaya maksimal agar bisa menyumbang medali emas sebanyak-banyaknya di cabor atletik dan memastikan ketersediaan atlet di Pati stabil.(*)

Baca juga :

Reporter : Moh Anwar

Komentar

News Feed