oleh

DPUTR Pati Optimalkan APBD Guna Perbaikan Sarpras

Pati, SMJTimes.com – Anggaran dana Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Jawa Tengah yang dialokasikan untuk program perbaikan infrastuktur belum jelas. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati berupaya optimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati.

Menurut penuturan Kepala DPUTR Kabupaten Pati, Ahmad Faisal, sarana dan prasarana yang direncanakan akan diperbaiki menggunakan anggaran dana Banprov Jawa Tengah masih tertunda.

Hal tersebut lantaran belum adanya kucuran dana yang cukup untuk memaksimalkan sarana dan prasarana yang tengah diperbaiki. Seperti perbaikan sejumlah ruas jalan dan peningkatan instalasi listrik.

“Sampai saat ini anggaran yang akan kami gunakan dalam perbaikan ruas jalan dan instalasi listrik belum ada titik temu, karena pengerjaan proyek tersebut dianggarkan dari Banprov yang turun dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). Sementara untuk anggaran Banprov Jawa Tengah yang untuk pendidikan sudah turun, tetapi untuk DPUTR belum turun,” ucapnya, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga :   Komoditas Unggulan, Petani Tambakromo Tingkatkan Produksi Alpukat Mentega

Anggaran tersebut telah masuk ke dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Seharusnya apabila anggaran tersebut telah direalisasikan maka tinggal penyusunan Rencana Kerja Operasional (RKO) pada Juli lalu.

“Kami sudah rancang alokasi anggarannya, tetapi nyatanya kami tidak dapat. Sehingga kami kerepotan. Padahal kita semua menganggap bahwa perbaikan infratruktur saat ini memiliki urgensi yang tinggi,” ujar Faisal.

Perlu diketahui, anggaran dana Banprov Jawa Tengah 2021 sejumlah Rp14 Miliar. Dialokasikan untuk perbaikan dan pemeliharaan sejumlah ruas jalan yang kondisinya rusak parah.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang notabene pengguna infratruktur untuk bersabar dan memahami kondisi saat ini. Pasalnya, ia telah berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan akses aktivitas ekonomi masyarakat Kabupaten Pati. Apalagi biaya tersebut amat sangat besar dan membutuhkan waktu yang tepat dalam merealisasikan target tersebut.

Baca Juga :   Persipa Menang 4-1 Lawan Jogja All Star

Hal ini dikuatkan oleh pernyataan dari Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Jalan Bidang Bina Marga DPUTR Kabupaten Pati, Hasto Utomo. Bahwa anggaran Banprov Jawa Tengah untuk DPUTR Kabupaten Pati direfocusing demi hal-hal yang urgen untuk saat ini.

“Dana Banprov untuk kami kini direfocusing, sebelumnya anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan ruas jalan Beketel – Maitan dan Pohgading – Jolong. Sehingga untuk sementara waktu ini tertunda,” imbuh Hasto.

Menurutnya, Pemprov Jawa Tengah telah menyepakati untuk merefocusing kucuran dana tersebut. Sehingga DPUTR Kabupaten Pati akan menerima dana Banprov Jawa Tengah untuk perbaikan infrastruktur pada 2022. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Tak Peroleh Banprov Jateng, DPUTR Pati Optimalkan Penggunaan APBD”

Komentar