oleh

Trik Mencuci Sepatu Putih Kembali Baru Lagi

SMJTimes.com – Sepatu menjadi salah satu item yang bisa menunjang penampilan seseorang.Sepatu berwarna putih menjadi favorit banyak orang. Selain warna netral yang bisa dipadu-padankan dengan berbagai warna pakaian, sepatu putih memberi kesan simple dan elegan bagi pemakai.

Sayangnya, banyak orang mempermasalahkan soal mencuci sepatu putih yang lebih sulit dibandingkan sepatu warna lain. Pasalnya, warna putih sangat mencolok jika ada noda yang menempel. Jadi, perlu trik tersendiri untuk mencuci sepatu putih agar warnanya tetap bersih dan noda bisa hilang.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

  1. Baking soda dan cuka

Baik baking soda dan cuka mengandung bahan yang sangat kuat, dan bisa membantu membersihkan sepatu sekaligus memiliki sifat antibakteri. Campuran dua bahan tersebut akan mengatasi bau tak sedap, dan pertumbuhan jamur pada sepatu.

Langkah pertama, campurkan  setengah cangkir cuka ke dalam mangkuk bersama seperempat cangkir soda kue. Aduklah sampai menjadi campuran yang berbusa.

Lalu, gunakan kuas untuk menggosok sepatu. Lakukan selama beberapa menit, dan biarkan meresap setidaknya 30 menit. Bilas dengan air dingin. Sepatu akan terlihat seperti baru, berkat campuran bahan ini.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

  1. Penghapus cat kuku

Penghapus cat kuku juga bisa berguna untuk mengembalikan warna putih pada sepatu. Khususnya, untuk goresan pada sepatu kulit atau sepatu kets putih, dapat dibersihkan dengan mudah dengan penghapus cat kuku.

Caranya, rendam bola kapas ke dalam cairan aseton, dan gunakan untuk menggosok bekas goresan pada sepatu. Karena cairan ini tergolong kuat, gunakan bedak atau petroleum jelly untuk melindungi bagian sepatu kita yang tak tergores.

  1. Magic eraser

Magic eraser atau spons pembersih berfungsi untuk menjaganya sepatu tetap bersih.

Celupkan spons ke dalam air sabun, lalu peras. Bersihkan sepatu dengan gerakan maju dan mundur di area yang terkena noda sampai hilang.

  1. Pasta gigi

Pasta gigi bukan cuma dapat menjaga gigi tetap putih, melainkan juga sepatu putih. Kita hanya membutuhkan sikat gigi bekas dan pasta gigi untuk membersihkan sepatu.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Daging Merah Memicu Kanker?

Gunakan handuk microfiber, dan usapkan lembut di permukaan sepatu. Basahi sepatu, tapi tidak sampai terlalu basah.

Setelah itu, oleskan pasta gigi dengan gerakan melingkar pada bagian sepatu yang terkena noda tebal. Lakukan setidaknya selama 10 menit.

Pastikan pasta bukan menggunakan bahan dasar gel, karena warna lain dapat membentuk noda baru. Gunakan lap bersih untuk mengelap sepatu, dan letakkan sepatu di ruangan yang berventilasi baik, hingga mengering.

  1. Lemon

Asam sitrat dalam lemon membantu proses pembersihan dan juga membuat sepatu berbau harum. Peras lemon ke dalam mangkuk berisi air dingin dan aduk merata. Kemudian, gunakan spons dan celupkan ke dalam cairan lemon tersebut.

Baca juga: Resep Pekan Ini: Aneka Olahan Tempe, Dijamin Gak Bakal Bosan

Gosok permukaan sepatu dengan spons secara perlahan, dan tambahkan air lemon jika diperlukan. Yang perlu diingat, untuk sepatu kulit sebaiknya tidak dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, karena akan memperburuk noda dan juga merusak permukaan sepatu.

  1. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring cair dapat melakukan keajaiban untuk sepatu kets putih kita, baik yang berbahan kanvas maupun kulit.

Ambil satu sendok makan sabun cuci piring ke dalam air hangat dan campurkan hingga merata. Celupkan sepatu ke dalam campuran ini, gunakan sikat yang berbahan kaku untuk membersihkan noda.

Baca juga:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *